FILIPINA

Jadi Calon Senator, Mantan Aktor Ini Janjikan Insentif Pajak

Dian Kurniati
Jumat, 18 Februari 2022 | 17.00 WIB
Jadi Calon Senator, Mantan Aktor Ini Janjikan Insentif Pajak

Ilustrasi.

MANILA, DDTCNews - Mantan aktor Filipina Herbert Bautista berjanji akan mengadvokasi pemberian insentif pajak untuk industri hiburan apabila terpilih sebagai senator pada pemilu Mei 2022.

Bautista mengatakan industri hiburan menjadi salah satu sektor yang mengalami pukulan berat akibat pandemi Covid-19. Namun, belum banyak insentif yang diberikan pemerintah untuk memulihkan sektor tersebut.

"Apa yang bisa kita lakukan dalam jangka pendek adalah menurunkan pajak mereka atau bahkan membebaskannya," katanya dalam forum kandidat senator, dikutip Jumat (18/2/2022).

Bautista mengatakan banyak kegiatan industri hiburan yang harus tutup selama pandemi Covid-19 seperti bar dan klub komedi. Beberapa pelaku industri hiburan bahkan sampai kesulitan untuk menggaji para pegawainya.

Menurutnya, dia telah mendiskusikan sejumlah usulan RUU yang belum dibahas hingga saat ini. Misalnya RUU Industri Kreatif yang bertujuan memberi manfaat jangka panjang bagi industri hiburan Filipina.

Bautista yang juga mantan wali kota Kota Quezon menilai pemerintah perlu membuat regulasi khusus yang memberikan insentif khusus kepada sektor hiburan. Dengan insentif yang memadai, dia meyakini industri hiburan Filipina akan berkembang dan berdampak pada menggerakkan perekonomian nasional.

Dia menyebut insentif untuk industri hiburan tidak cukup diatur dalam UU Bayanihan 2, yang diterbitkan pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional dari pandemi Covid-19 pada 2020. Menurutnya, stimulus yang diberikan melalui UU itu hanya bersifat sementara dan tidak memberi manfaat dalam jangka panjang.

"Jika RUU Industri Kreatif disahkan menjadi undang-undang, tidak hanya penghibur individu yang diuntungkan, tetapi seluruh industri hiburan," ujarnya dilansir mb.com.ph.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.