SPANYOL

Beroperasi Ilegal, Pabrik Rokok Ini Dibongkar Pemerintah

Redaksi DDTCNews
Selasa, 05 Januari 2021 | 11.30 WIB
Beroperasi Ilegal, Pabrik Rokok Ini Dibongkar Pemerintah

Ilustrasi. (DDTCNews)

MADRID, DDTCNews – Pemerintah Spanyol membongkar pabrik rokok ilegal berkapasitas produksi mencapai 1 juta batang rokok per hari saat menggelar operasi gabungan yang melibatkan kepolisian, badan pajak, dan badan bea cukai.

“Kami mengamankan 12 orang di lokasi pabrik yang berada di sebuah villa mewah, wilayah otonom Andalusia. Pabrik tersebut menghasilkan 1 juta batang rokok setiap hari,” tulis keterangan resmi dari kepolisian, dikutip Selasa (5/1/2021).

Operasi khusus tersebut menyita beberapa barang bukti. Sekitar 50.000 bungkus rokok ilegal siap edar berhasil diamankan. Selain itu, otoritas juga menyita mesin produksi dan kendaraan dari lokasi pabrik yang tidak jauh dari Kota Seville.

Pemerintah menjelaskan bahan baku tembakau diimpor secara ilegal alias melalui penyelundupan. Bahan baku tersebut kemudian menjadi modal untuk melakukan produksi dengan kapasitas 1 juta batang rokok dalam 24 jam.

Polisi dan otoritas perpajakan Spanyol menyatakan salah satu barang bukti berupa mesin produksi memiliki nilai harga yang tinggi karena mampu menghasilkan 1 juta batang rokok setiap hari. Otoritas menaksir nilai penyitaan dari barang bukti berupa mesin produksi rokok mencapai €1,5 juta.

"Kepolisian, badan pajak dan pejabat bea cukai akan melakukan penyelidikan dan peninjauan ulang kasus bersama-sama," sebut kepolisian seperti dilansir euroweeklynews.com.

Adapun belasan orang yang ditangkap petugas berasal dari warga Spanyol, Belarusia dan Ukraina. Polisi menyebutkan tenaga kerja yang bekerja di pabrik rokok ilegal tersebut diperlakukan dengan tidak layak. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.