KPP PRATAMA BANTAENG

WP Ramai-ramai ke Kantor Pajak, Ternyata Kejar Pemadanan NIK-NPWP

Redaksi DDTCNews | Selasa, 26 Desember 2023 | 13:30 WIB
WP Ramai-ramai ke Kantor Pajak, Ternyata Kejar Pemadanan NIK-NPWP

Ilustrasi. 

BANTAENG, DDTCNews - Ada pemandangan menarik di KPP Pratama Bantaeng, Sulawesi Selatan dalam beberapa pekan terakhir. Jumlah wajib pajak yang mendatangi kantor pajak meningkat.

Ternyata kebanyakan dari mereka ingin meminta asistensi dari petugas untuk melakukan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"Hari ini jumlah antrean meningkat sekitar lima belas lebih antrean. Antrean didominasi oleh wajib pajak bendahara pemerintah yang ingin melakukan pemadanan NIK sebagai NPWP," kata salah satu petugas TPT KPP Pratama Bantaeng dilansir pajak.go.id, dikutip pada Selasa (26/12/2023).

Baca Juga:
Ada Cuti Bersama, Layanan Tatap Muka Kantor Pajak Libur Sampai 12 Mei

Ramainya wajib pajak yang melakukan pemadanan NIK-NPWP ini menyusul pemberian edukasi melalui bimbingan teknis kewajiban perpajakan bagi bendahara pemerintah yang telah diberikan sebelumnya. Dalam edukasi tersebut, petugas juga memberikan materi tentang pemadanan NIK-NPWP.

Sepanjang bulan November 2023, Seksi Pelayanan KPP Pratama Bantaeng juga mengirim imbauan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi beserta pemadanan NIK menjadi NPWP melalui WhatsApp Blast sebanyak dua kali.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Bantaeng Andi Suripati Arifin, hal ini bertujuan meningkatkan kepatuhan wajib pajak terkait pelaporan SPT Tahunan dan sekaligus mengingatkan wajib pajak terkait kewajiban melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP.

Petugas KPP Pratama Bantaeng tidak lupa mengajak wajib pajak untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan, maupun melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP secara daring melalui situs web pajak.go.id. Sehingga dapat melakukan pelaporan dan pemadanan secara mandiri dan tidak perlu lagi repot untuk antre di kantor pajak. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar