PEREKONOMIAN INDONESIA

Wah, Kinerja Ekspor Bisa Dipantau Real Time dengan Sistem Ini

Redaksi DDTCNews | Rabu, 27 Februari 2019 | 17:24 WIB
Wah, Kinerja Ekspor Bisa Dipantau Real Time dengan Sistem Ini

JAKARTA, DDTCNews – Data kinerja ekspor kini bisa dipantau dan dianalisis secara langsung. National Export Dashboard (NED) menjadi wadah terbaru untuk memantau kegiatan ekspor nasional.

NED merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Ditjen Bea Cukai (DJBC), dan University Network for Indonesia Export Development (UNIED). Melalui sistem ini, aktivitas dan analisis kinerja ekspor Indonesia dapat dilakukan dalam satu layanan berbasis elektronik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan apresiasi atas peluncuran NED. NAD dinilai mampu menjadi terobosan instrument yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja dan kapasitas ekspor di masa mendatang.

Baca Juga:
Persetujuan Pengeluaran Barang dengan Rush Handling Paling Lama 2 Jam

“LPEI mengemban tugas penting untuk untuk mendorong peningkatan ekspor. Jadi, sangat penting bagi LPEI untuk memahami kinerja ekspor,” katanya dalam peresmian NED di kantor LPEI, Rabu (27/2/2019).

Secara umum, layanan NED merupakan pusat informasi berbasis laman daring (web-based). Dalam laman NED, pengguna dapat melihat kinerja ekspor secara real time. Selain itu aspek analisis juga disediakan oleh NED.

Informasi dan analisis yang disajikan dalam NED antara lain laporan ekspor secara nasional, analisis pasar, data neraca perdagangan, daftar komoditas ekspor unggulan, dan analisis risko negara tujuan ekspor.

Baca Juga:
Masih Aman, Sri Mulyani Ungkap Rasio Utang Terjaga di 38,79 Persen PDB

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Ibu Sinthya Roesly menyampaikan sistem NED merupakan terobosan baru untuk memahami kinerja ekspor. Pasalnya, selama ini data ekspor disajikan secara parsial dan tersebar di banyak kementerian/lembaga.

Data yang disajikan nantinya akan berbentuk visual dan grafis. Dengan demikian, data dapat dimanfaatkan pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk meningkat kapasitas ekspor nasional.

“Kini kita punya platform untuk data ekspor. Selain itu kajian risiko dan komparatif dengan negara lain dapat dilakukan melalui NED. Kedepannya, pelaku usaha bisa manfaatkan NED untuk melihat rantai pasokan komoditas secara global,” tandasnya. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar