HARI PERS NASIONAL

Sri Mulyani Sebut Pers Berperan Penting Beri Edukasi Keuangan

Redaksi DDTCNews | Jumat, 09 Februari 2024 | 14:30 WIB
Sri Mulyani Sebut Pers Berperan Penting Beri Edukasi Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/1/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa pers memiliki peran penting dalam memberikan edukasi tentang keuangan kepada masyarakat. Karenanya, Sri Mulyani mengapresiasi kerja-kerja yang telah dijalankan insan pers dalam menyebarluaskan informasi tentang keuangan negara.

Tak cuma itu, menkeu menambahkan, dengan masyarakat yang melek tentang keuangan negara maka peradaban bangsa ikut lebih maju.

"Saya sangat menghargai kerja keras dan dedikasi para insan pers yang terus harus bekerja sangat keras beradaptasi dan bahkan harus melawan berbagai arus perubahan yang tidak selalu mampu menjaga kejernihan, kecerdasan, dan integritas informasi bagi masyarakat," kata Sri Mulyani dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Jumat (9/02/2024).

Baca Juga:
Posisi Utang Pemerintah Capai Rp8.262,1 Triliun pada Akhir Maret 2024

Selain Sri Mulyani, menteri-menteri lain dalam Kabinet Indonesia Maju juga ikut menyampaikan apresiasinya terhadap insan pers.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki misalnya, mengaku memiliki kesan yang mendalam saat menyaksikan awak pers tak kenal lelah membantu mewartakan program strategis pemerintah. Salah satunya, ikut mempromosikan produk-produk lokal buatan pelaku UMKM.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi juga mengapresiasi kontribusi positif pers dalam menyukseskan program kerja kementerian yang dia pimpin.

Baca Juga:
Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Jurnalis dan media, ujar Retno, adalah mitra Kemlu dalam menyampaikan capaian diplomasi sekaligus mengedukasi publik mengenai prioritas politik luar negeri 4+1.

"Empat adalah diplomasi ekonomi, perlindungan WNI, kedaulatan, serta peningkatan peran Indonesia di kawasan maupun di tataran global, sementara plus satu-nya adalah infrastruktur diplomasi," kata Retno.

Di bidang kesehatan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menggarisbawahi peran krusial pers saat bangsa Indonesia menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Budi mencontohkan, insan pers sangat berkontribusi dalam keberhasilan program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah.

Baca Juga:
Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024

"Berkat bantuan pers, masyarakat banyak yang tercerahkan sehingga cakupan dosis 1 mencapai 83%­ dan imunisasi dosis 2 mencapai 71%," kata Menkes.

Apresiasi juga disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga. Menurut Bintang, insan pers termasuk yang pertama yang mendukungnya dalam menjalankan tugas terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Mereka menemani penugasan saya ke manapun melangkah hingga ke pelosok-pelosok negeri di mana ada perempuan tersakiti yang tidak tersuarakan dan ada anak-anak yang tidak terpenuhi haknya," kata Bintang.

Baca Juga:
Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Sama halnya dengan Menteri PPPA, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman juga menyambut baik kontribusi pers dalam setiap aktivitasnya bersama dengan para petani di lapangan.

"Aktivitas saya sebagai Menteri Pertanian didominasi kegiatan lapangan. Saya ke sawah, saya berdialog dengan petani memastikan aktivitas produksi pangan berjalan dengan baik. Kami yakin tanpa dukungan pers maka kegiatan kami tidak bisa optimal," ucap Amran. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 30 April 2024 | 09:00 WIB KINERJA FISKAL

Posisi Utang Pemerintah Capai Rp8.262,1 Triliun pada Akhir Maret 2024

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 07:30 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI

Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

BERITA PILIHAN