PEMILU 2024

Soal Ketertiban dalam Debat Capres-Cawapres, Ini Kata KPU

Dian Kurniati | Jumat, 22 Desember 2023 | 10:30 WIB
Soal Ketertiban dalam Debat Capres-Cawapres, Ini Kata KPU

Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) didampingi Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno (kanan) dan jajaran komisioner KPU bersiap memberikan keterangan pers kesiapan debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di Media Center KPU, Jakarta, Kamis (21/12/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.

JAKARTA, DDTCNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta ketiga tim pasangan calon tidak melakukan gimik selama debat capres dan cawapres.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan ketiga tim pasangan calon telah menyepakati tidak boleh ada gimik selama debat berlangsung. Larangan itu disepakati usai salah satu pasangan calon melakukan gimik pada debat perdana pada pekan lalu.

"Kita berikan teguran supaya hal-hal yang apa namanya netralitas pemilu ini dipenuhi dan tidak diulangi lagi," katanya, dikutip pada Jumat (22/12/2023).

Baca Juga:
Prabowo: Mau di Dalam atau Luar Pemerintahan, Sama-Sama Demi Rakyat

Hasyim mengatakan KPU menyampaikan teguran kepada satu tim pasangan calon karena membuat situasi tidak tertib pada debat perdana. Isu ketertiban ini pun menjadi salah satu pembahasan dalam evaluasi yang dilaksanakan KPU bersama ketiga tim pasangan calon.

Melalui evaluasi tersebut, ketiga tim pasangan calon menyepakati tidak akan ada gimik pada debat kedua hingga kelima lantaran dapat berpengaruh pada psikologis peserta.

Dia menyebut KPU juga meminta ketiga tim pasangan calon menyediakan liaison officer (LO) sebagai pengendali suasana selama debat berlangsung. "Sehingga [LO] akan mengendalikan kehadiran, [serta] kemudian tata tertib dalam ruangan debat," ujarnya.

Baca Juga:
Prabowo-Gibran Resmi Jadi Pemenang Pilpres, Begini Harapan Pengusaha

KPU telah mengagendakan 5 debat yang diikuti ketiga pasangan capres-cawapres. Debat kedua dijadwalkan pada malam ini di Jakarta Convention Center (JCC). ‘Setel Pengingat Debat Cawapres 22 Desember, Tonton di Sini’.

Tema debat kedua yakni ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, tata kelola APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Debat kedua ini akan diikuti oleh ketiga cawapres. Simak ‘Bagaimana Bicara Pajak dalam Debat Capres-Cawapres? Mari Lihat di AS’.

Secara umum, format debat kedua ini tidak berubah dari debat pertama yang diikuti ketiga capres pada pekan lalu. Debat dimulai pada pukul 19.00 WIB, serta disiarkan secara langsung dengan durasi selama 120 menit. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 14:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

WP Kelompok Ini Dikecualikan dari Pengawasan Rutin Pelaporan SPT

Sabtu, 27 April 2024 | 14:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Tak Lunasi Tunggakan Pajak, Rekening Diblokir dan Saldo Disita

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Kemendagri Minta Pemda Tetap Antisipasi Inflasi Pasca-Lebaran

Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System

Sabtu, 27 April 2024 | 10:00 WIB PENDAPATAN DAERAH

Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD