BELGIA

Ratusan Ribu Rekening di Luar Negeri Diperiksa Otoritas Pajak

Redaksi DDTCNews | Senin, 08 Juni 2020 | 16:33 WIB
Ratusan Ribu Rekening di Luar Negeri Diperiksa Otoritas Pajak

Ilustrasi. (DDTCNews)

BRUSSELS, DDTCNews—Pemerintah Belgia merilis data hasil investigasi atas kepemilikan rekening warga Belgia di luar negeri yang tidak dilaporkan kepada otoritas pajak sebagai bagian dari upaya penghindaran pajak.

Hasil investigasi pemerintah Belgia menyebutkan jumlah rekening yang tidak dilaporkan mencapai tiga perempat dari 11.223 akun rekening warga Belgia di luar negeri. Adapun tiga perempat rekening yang tidak dilaporkan tersebut memiliki total simpanan sebesar €87 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun.

“Tiga perempat dari total akun yang diinvestigasi menunjukan tanda anomali,” sebut laporan hasil investigasi Kementerian Keuangan, Senin (8/6/2020).

Baca Juga:
Biden Naikkan Bea Masuk Mobil Listrik, Begini Respons Otoritas China

Disebut anomali lantaran terdapat perbedaan deklarasi atas pajak dividen dan pendapatan bunga warga Belgia di luar negeri yang masuk ke dalam otoritas pajak. Untuk itu, rekening senilai Rp1,3 triliun itu akan diperiksa otoritas pajak.

Sejak 2019, pemeriksaan otoritas pajak Belgia terhadap rekening warga Belgia di luar negeri memang makin ketat. Hal ini tidak terlepas dari keinginan pemerintah untuk mendapatkan tambahan penerimaan melalui upaya-upaya antipenghindaran pajak.

“Kementerian Keuangan berharap dapat memperoleh tambahan penerimaan €150 juta dari data tahun lalu termasuk dengan penggunaan data-data hasil pertukaran internasional,” sebut Kementerian Keuangan.

Baca Juga:
Jenis Kendaraan Listrik yang Kena Bea Masuk 0% di Negara Ini Diperluas

Untuk mencapai target penerimaan dari data keuangan lintas yurisdiksi tersebut Kemenkeu memperkenalkan beberapa langkah antipenggelapan pajak yang baru.

Berbekal data dan pendekatan baru, otoritas memiliki alat yang mampu mengidentifikasi 100.000 wajib pajak yang memiliki rekening atau polis asuransi di luar negeri, tetapi tidak dilaporkan dalam SPT.

Kemenkeu juga memberikan restu bagi otoritas pajak untuk melakukan penyelidikan lanjutan jika menemukan adanya penyimpangan. Adapun jumlah data—kepemilikan rekening warga Belgia di luar negeri—yang diterima otoritas saat ini terus bertambah.

Baca Juga:
Pacu Ekonomi di Negara Ini, DPR Minta Target Pajak Bisa Tumbuh 21%

Dilansir Tax Notes International, sebanyak 321.752 wajib pajak dalam negeri Belgia melaporkan kepemilikan akun atau rekening di luar negeri kepada otoritas dengan nilai mencapai €186 miliar pada 2019.

Jumlah tersebut melonjak ketimbang tahun fiskal 2018 yang hanya sebanyak 173.048 wajib pajak dalam negeri dengan nilai rekening di luar negeri yang dilaporkan mencapai €174 miliar.

“Otoritas pajak telah mengirim 207.393 surat kepada wajib pajak yang memiliki sumber pendapatan di luar negeri tapi tidak mencantumkannya dalam akun (SPT),” sebut laporan Kementerian Keuangan. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 17 Mei 2024 | 13:30 WIB KOTA PALANGKA RAYA

Pajak Hiburan Sampai 40%, Ini Daftar Tarif Pajak Terbaru Palangka Raya

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:30 WIB KEMENTERIAN KEUANGAN

Sri Mulyani Minta Ditjen Anggaran Ikuti Perkembangan Gepolitik dan AI

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:17 WIB KEPATUHAN PAJAK

Wah! Ada 8.758 WP Ajukan Perpanjangan Lapor SPT Tahunan 2023

Jumat, 17 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Tahukah Kamu? Di Mana Negara Menyimpan Uang yang Terkumpul dari Pajak?

Jumat, 17 Mei 2024 | 10:10 WIB KEPUTUSAN KETUA MA NOMOR 112/KMA/SK.OT1/IV/2024

Ini Tugas Pokja Penyatuan Atap Pengadilan Pajak yang Dibentuk MA