FILIPINA

Otoritas Pajak Se-Asia Pasifik Berkumpul, Ini yang Dibahas

Redaksi DDTCNews | Rabu, 29 November 2017 | 17:16 WIB
Otoritas Pajak Se-Asia Pasifik Berkumpul, Ini yang Dibahas Direktur Perpajakan Internasional John Hutagaol menjadi ketua delegasi Indonesia (duduk di depan nomor empat dari kiri)

BAROCAY, DDTCNews – Otoritas pajak se-Asia Pasifik bertemu pada 27-30 November 2017 di Filipina. Pertemuan yang berlangsung tiga hari ini dimaksudkan sebagai ajang bertukar informasi dan pengalaman terkait perkembangan kebijakan dan administrasi perpajakan di masing-masing negara.

Direktur Perpajakan Internasional John Hutagaol yang juga menjadi ketua delegasi Indonesia The Study Group on Asian Tax Administration and Research (SGATTAR) ke-47 menjelaskan bahwa pertemuan tahun ini merupakan sarana untuk menjalin kerja sama di antara otoritas pajak di kawasan Asia Pasifik.

“Kerja sama ini sangat diperlukan mengingat permasalahan perpajakan di Kawasan Asia Pasifik relatif sama,” katanya, Rabu (29/11).

Baca Juga:
Anggota DPR Ini Usul Insentif Pajak untuk Dorong Industri Film Lokal

Oleh karena itu, dia mendorong kerja sama dan kolaborasi sesama anggota SGATTAR. Hal ini penting agar dalam penyelesaian masalah perpajakan dapat berjalan secara efektif.

Pertemuan tahunan ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta yaitu pimpinan dan perwakilan otoritas pajak dari 15 negara/yurisdiksi. Hadir juga lembaga internasional seperti OECD, AOTCA, ADB, DGFiP, IMF, World Bank, IBFD, dan UNESCAP.

John memaparkan bahwa pembahasan dalam pertemuan ini lebih pada pertukaran informasi dan pengalaman dalam menangani isu transfer pricing. Selain itu, isu soal pengelolaan dan pemanfaatan data dan informasi untuk tujuan perpajakan dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) juga tidak luput dari pembahasan.

Baca Juga:
Genjot Penerimaan, World Bank Minta Filipina Evaluasi Pembebasan PPN

Pembahasan tiga isu sentral tersebut dilakukan secara intensif secara terpisah selama dua hari. Ketiga topik pembahasan tersebut merupakan merupakan isu terkini dari dunia perpajakan yang digodok oleh tim panitia yang berasal dari Tiongkok, Filipina dan Selandia Baru.

Acara SGATTAR sendiri rencananya secara formal ditutup dengan agenda Closing Meeting. Setelah itu, adanya penetapan Tiongkok untuk menjadi tuan rumah pertemuan ke-48 tahun depan. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak