PEMILU 2024

Mahfud Umumkan Mundur dari Kabinet, Jadwalkan Segera Bertemu Jokowi

Redaksi DDTCNews | Rabu, 31 Januari 2024 | 14:21 WIB
Mahfud Umumkan Mundur dari Kabinet, Jadwalkan Segera Bertemu Jokowi

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD melambaikan tangan saat orasi politik pada senam sehat dan tasyakuran harlah partai Hanura ke-17 di Stadion Wiradadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nz

LAMPUNG TENGAH, DDTCNews - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 Mahfud MD resmi menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan Menteri Koodinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pernyataan resminya di Pura Ulun Danu, Lampung Tengah siang ini, Mahfud mengatakan sudah menyiapkan surat pengunduran diri dan segera disampaikannya kepada Presiden Jokowi.

"Hari ini saya ingin menjawab semua pertanyaan yang selalu muncul siang malam, sejak tanggal 23 Januari [2024], saya membenarkan [pernyataan] Pak Ganjar Pranowo bahwa paslon itu supaya mundur," kata Mahfud, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga:
Jokowi Bandingkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Negara Lain

Mahfud membenarkan bahwa niatan untuk mundur dari kabinet sudah muncul sejak lama. Hanya saja, dirinya sengaja menunggu momentum yang tepat. Apalagi, Mahfud menambahkan, dirinya perlu berkomunikasi terlebih dulu dengan Ganjar Pranowo selaku pasangannya sebagai capres, partai-partai pengusung paslon Ganjar-Mahfud, dan tentunya pihak istana kepresidenan.

"Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk presiden, untuk disampaikan ke presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan menjadi perbincangan publik. Dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal bertemu presiden," kata Mahfud.

Mahfud lantas mengungkapkan alasannya tetap perlu izin dan sowan kepada Presiden Jokowi. Pengangkatannya sebagai menkopolhukam, ujar Mahfud, dilakukan secara terhormat oleh Presiden Jokowi. Karenanya, Mahfud ingin pengunduran dirinya dilakukan pula secara terhormat.

Baca Juga:
Moeldoko: Insentif Mobil Hybrid Bisa Hambat Industri Mobil Listrik

"Karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati maka saya tidak akan tinggal glanggang colong playu [meninggalkan tanggung jawab]," kata Mahfud.

Presiden Jokowi sendiri, ujar Mahfud, saat ini masih dalam safarinya ke luar kota. Jokowi diagendakan tiba kembali di Jakarta pada Kamis (1/2/2024) besok, berbarengan dengan Mahfud yang juga kembali ke ibu kota esok hari. Dengan begitu, setibanya keduanya di Jakarta, Mahfud akan menghadap Presiden Jokowi.

"Mengapa kami harus bersikap tidak boleh tinggal glanggang colong playu? Karena etika. Etika itu adalah ekspresi dari moral. Etika itu adalah ekspresi kejujuran," kata Mahfud.

Baca Juga:
Jokowi Ingatkan Pemda dan Kementerian Hati-Hati Kelola Anggaran

Kabar soal mundurnya Mahfud MD ini menguat dalam beberapa hari terakhir. Mahfud menegaskan keputusan ini sudah didiskusikan bersama calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Mundurnya Mahfud dari kursi kabinet juga diyakini sebagai sikap untuk menghindari konflik kepentingan pada pilpres 2024. Pihak istana belum memberikan keterangan tentang kepastian pertemuan antara Presiden Jokowi dan Mahfud MD. (sap).

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 07 Mei 2024 | 17:30 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Jokowi Bandingkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Negara Lain

Senin, 06 Mei 2024 | 17:19 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Moeldoko: Insentif Mobil Hybrid Bisa Hambat Industri Mobil Listrik

Senin, 06 Mei 2024 | 12:15 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Jokowi Ingatkan Pemda dan Kementerian Hati-Hati Kelola Anggaran

Jumat, 03 Mei 2024 | 18:43 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Siapkan Insentif untuk Mobil Hybrid, Seperti Apa?

BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar