SEWINDU DDTCNEWS
KEPATUHAN PAJAK

Gandeng Kanwil DJP Jaktim, Kodam Jaya Sosialisasikan Pengisian SPT

Redaksi DDTCNews
Kamis, 16 Januari 2020 | 11.43 WIB
Gandeng Kanwil DJP Jaktim, Kodam Jaya Sosialisasikan Pengisian SPT

Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya/Jayakarta Brigadir Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa. 

JAKARTA, DDTCNews – Kodam Jaya/Jayakarta dan Kanwil DJP Jakarta Timur menggelar sosialisasi pengisian SPT tahunan.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya/Jayakarta Brigadir Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan sosialisasi pengisian SPT tahunan dilakukan untuk menanamkan pentingnya peran pajak bagi anggota TNI. Dengan demikian, kesadaran pajak dapat ditularkan kepada masyarakat luas.

“Kita punya kewajiban dalam pajak, apalagi sebagai aparat negara, untuk melaporkan yang berkaitan dengan penghasilan. Ini merupakan mekanisme keuangan negara untuk pembangunan,” katanya di Aula Soedirman Kodam Jaya, Kamis (16/1/2020).

Lebih laniut, Saleh mengungkapkan kegiatan sosialisasi pelaporan SPT tahunan ini juga digelar agar jajaran aparat di Kodam Jaya tidak alergi dengan urusan pajak. Bila memiliki tambahan penghasilan lain, sambungnya, diharapkan untuk melaporkannya dalam SPT tahunan.

Selain itu, imbauan juga diberikan kepada jajaran aparat Kodam Jaya agar menyampaikan SPT secara pribadi dan tidak diwakilkan oleh pihak lain. Hal ini dimaksudkan agar data yang disampaikan sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

"Untuk perwira menengah khususnya dengan pangkat mayor agar mengisi SPT sendiri dan jangan disampaikan kepada juru bayar," ungkapnya.

Manfaat dari tertib dalam urusan administrasi pajak, sambung Saleh, akan turut dirasakan oleh anggota TNI. Pasalnya, pungutan pajak yang dilakukan oleh DJP menjadi sumber utama pembiayaan anggaran negara. Apalagi sebagian penerimaan pajak digunakan untuk keperluan pertahanan negara.

“Pajak ini filosofinya hampir sama dengan demokrasi, yaitu dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Kalau kita ingin generasi ke depannya menjadikan Indonesia kuat maka bela negara bukan hanya dengan perang tapi juga peduli pajak," papar Saleh. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.