KEMENTERIAN KEUANGAN

Dapat Usulan Tambah Jabatan Data Scientist, Sri Mulyani: Mungkin Saja

Dian Kurniati | Selasa, 08 Juni 2021 | 16:00 WIB
Dapat Usulan Tambah Jabatan Data Scientist, Sri Mulyani: Mungkin Saja

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) dalam final lomba Bedah Data APBD, Selasa (8/6/2021). (tangkapan layar Youtube)

JAKARTA, DDTCNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima sejumlah usulan untuk meningkatkan pemanfaatan data di Kementerian Keuangan dari peserta lomba Bedah Data APBD.

Usulan misalnya datang dari grup Gaspol yang beranggotakan 3 orang pegawai Kemenkeu dan menjadi pemenang. Anggota grup Sindhu Wardhana mengatakan Kemenkeu perlu memiliki jabatan fungsional yang berisi data scientist agar pemanfaatan big data dalam setiap kebijakan makin optimal.

"Usul dari teman-teman sebagai data analyst, memungkinkan tidak Bu, kita ada jabatan fungsional data scientist di Kemenkeu?" tanyanya kepada Sri Mulyani dalam final lomba Bedah Data APBD, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga:
Moody’s Pertahankan Rating Kredit Indonesia, Ini Respons Pemerintah

Shindu mengatakan ada jutaan jenis data yang berkaitan dengan keuangan negara dan output yang dihasilkan. Menurutnya, pejabat fungsional tersebut dapat bekerja mengolah big data agar pengelolaan keuangan negara lebih efisien.

Misalnya pada aplikasi Alona (alokasi, outcome, dan anomali) yang timnya ciptakan, ada 6 juta data yang dimanfaatkan untuk mengukur dampak APBD terhadap indeks pembangunan manusia di daerah. Pengukuran tersebut dilihat dari sejumlah indikator, mulai dari pendidikan, angka harapan hidup, hingga pendapatan perkapita.

Mendengar usulan tersebut, Sri Mulyani langsung menyetujuinya. Alasannya, penggunaan data yang tepat sangat penting dalam merumuskan kebijakan tentang keuangan negara.

Baca Juga:
Hadiri Sidang MK, Sri Mulyani Beri Penjelasan Soal Anggaran Bansos

"Iya, mungkin saja. Wong kami sekarang mau membangun itu. Nama jabatan fungsionalnya kita pikirkan bersama, tapi ini area yang Kemenkeu sedang grooming," ujarnya.

Usulan lain datang dari Agung Septia Wibowo agar Kemenkeu memperbanyak pelatihan tentang analisis data kepada para pegawai. Merespons usulan itu, Sri Mulyani menegaskan pelatihan tentang analisis data akan dimulai dari jenjang pendidikan calon pegawai di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN).

Sri Mulyani akan meminta Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Andin Hadiyanto dan Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto untuk menambahkan materi analisis data pada kurikulum PKN STAN.

Baca Juga:
Sri Mulyani: APBN 2025 Beri Ruang untuk Program Pemerintah Berikutnya

Sementara mengenai pelatihan tentang analisis data kepada pegawai, dia akan meminta Wakil Menteri Suahasil Nazara untuk merealisasikannya. "Kemenkeu juga sedang [merencanakan] itu. Nanti saya minta Pak Wamen untuk follow up," ujarnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut pengelolaan keuangan negara saat ini makin menantang. Tidak hanya pada belanja pusat, pemerintah juga memberikan transfer ke daerah dan dana desa [TKDD] yang harus dipastikan akuntabilitas pemanfaatannya. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 19 April 2024 | 13:44 WIB KEBIJAKAN EKONOMI

Moody’s Pertahankan Rating Kredit Indonesia, Ini Respons Pemerintah

Sabtu, 06 April 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN FISKAL

Sri Mulyani: APBN 2025 Beri Ruang untuk Program Pemerintah Berikutnya

Jumat, 05 April 2024 | 18:34 WIB ANGGARAN NEGARA

Sri Mulyani Sebut Bantuan Pangan Bukan Bagian dari Perlinsos

BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M