PERTUMBUHAN EKONOMI

Bos BI Prediksi Ekonomi Kuartal II Melemah

Redaksi DDTCNews | Senin, 19 Juni 2017 | 16:52 WIB
Bos BI Prediksi Ekonomi Kuartal II Melemah

JAKARTA, DDTCNews – Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2017 akan melemah jika dibanding dengan kuartal I tahun ini. Namun, pertumbuhan ekonomi secara tahunan tetap berkisar antara 5%-5,4%.

Gubernur BI Agus Martiwardojo mengatakan meski ada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, pertumbuhan ekonomi kuartal II dinilai akan lebih kecil. Namun, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III justru akan meningkat.

"Pertumbuhan ekonomi tampaknya bergeser ke kuartal III. Bahkan, pertumbuhan ekonomi akan semakin membaik pada tahun 2018 nanti," ujarnya di Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (19/6).

Baca Juga:
Indonesia Minta IMF Beri Asistensi untuk Kejar Peningkatan Tax Ratio

Agus menambahkan adanya bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tidak mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II ini. Namun, justru masuknya investasi bisa mendorong pertumbuhan ekonomi lebih signifikan.

Menurutnya investasi swasta seperti investasi non bangunan akan mulai masuk, sehingga hal tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi tahun depan. Nilai investasi swasta tersebut pun cukup besar maka bisa memberikan efek yang signifikan kepada pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, ia mengklarifikasi adanya desas desus mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya sekitar 5,17% saja. "Saya klarifikasi, pertumbuhan tahunan tetap antara range 5%-5,4%. Pertumbuhan rendah justru mungkin terjadi pada kuartal II ini," tuturnya. (Amu)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 10 Mei 2024 | 13:30 WIB KAMUS PERPAJAKAN

Apa Itu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)?

Jumat, 10 Mei 2024 | 11:30 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Peraturan Baru Menteri Keuangan Soal Rush Handling, Download di Sini!

Jumat, 10 Mei 2024 | 10:00 WIB PROVINSI SULAWESI SELATAN

Sudah Berlaku! Simak Daftar Tarif Terkini Pajak di Sulawesi Selatan

Jumat, 10 Mei 2024 | 08:30 WIB KANWIL DJP KALSELTENG

Tilep Uang Pajak Rp 1,6 Miliar, Tersangka Diserahkan ke Kejaksaan

Jumat, 10 Mei 2024 | 07:00 WIB BUKU PAJAK

DDTC Terbitkan Buku Baru Konsep Dasar Pajak