KEBIJAKAN FISKAL

BKF: Fundamental Ekonomi Indonesia Terjaga

Redaksi DDTCNews
Selasa, 10 Januari 2017 | 17.20 WIB
BKF: Fundamental Ekonomi Indonesia Terjaga

JAKARTA, DDTCNews  – Kondisi ekonomi makro yang cukup terjaga dengan baik pada tahun 2016, membuat pemerintah merasa yakin fundamental ekonomi bisa tetap dijaga pada 2017. Hal ini diupayakan dengan memperbaiki dan membangun sinergi pada beberapa sektor.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan setidaknya ada tiga sektor yang perlu diperbaiki serta dibangun sinerginya lebih baik. Sektor yang dimaksudkan tersebut meliputi sektor moneter, fiskal, dan riil.

“Selain sektor fiskal dan moneter, sektor riil juga perlu diperbaiki untuk menjaga keseimbangan ekonomi nasional. Secara makro, hal ini yang kita lakukan, untuk menjaga keseimbangan,” tuturnya di Jakarta, Selasa(10/1).

Ia menyatakan jika sektor riil tidak turut diperbaiki maka hal ini kerap disebut dengan istilah ‘bottle neck’. Karena itu pemerintah perlu mengikutsertakan perbaikan sektor riil seiring dengan perbaikan sektor fiskal dan moneter.

Menurutnya, feformasi fiskal yang paling jelas terlihat yaitu mengenai kualitas belanja yang semakin membaik dalam kurun waktu 3 tahun belakangan. Menurutnya hal ini bisa dilihat dari adanya relokasi belanja APBN ke sektor yang lebih produktif.

“Ini adalah reformai kita yang paling besar selama tiga tahun terakhir. Dan ini mendapat apresisasi yang sangat besar,” katanya.

Beberapa reformasi kebijakan fiskal APBN yang dilakukan adalah melalui skema subsidi yang lebih tepat sasaran dan belanja infrastruktur yang semakin meningkat. Kemudian, pemerintah juga berkomitmen untuk meningkatkan program layanan dasar.

Program layanan dasar tersebut antara lain seperti pendidikan dan kesehatan. Serta pemerintah juga akan melakukan penguatan desentralisasi fiskal untuk menggenjot reformasi fiskal.

Berdasarkan data year on year pada Q3 tahun 2016, konsumsi rumah tangga tercatat cukup stabil yang mampu mencapai 5%, investasi pun mengalami pertumbuhan yang positif sekitar 4,1%, serta inflasi pun mampu terjaga pada angka 3,02%. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.