SUKU BUNGA BI

Jaga Ekonomi, BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 4,75%

Redaksi DDTCNews
Jumat, 19 Mei 2017 | 10.01 WIB
Jaga Ekonomi, BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 4,75%

JAKARTA, DDTCNews – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 17-18 Mei 2017 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) tetap 4,75%. Keputusan ini diambil dalam rangka mendorong perekonomian domestik.

Direktur Eksekutif Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan BI 7-day RR Rate tersebut berlaku dengan suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 4,00% dan Lending Facility tetap 5,50%, yang berlaku efektif 19 Mei 2017.

"Keputusan tersebut konsisten dengan upaya Bank Indonesia menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dengan tetap mendorong proses pemulihan perekonomian domestik. Kami juga mewaspadai risiko baik dari global, maupun domestik," ungkapnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (18/5).

Tirta menyatakan pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan membaik, meskipun beberapa risiko tetap perlu dicermati. Peningkatan prospek ekonomi dunia ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan ekonomi di AS, Tiongkok, Eropa dan Jepang.

Ke depannya, sejumlah risiko terhadap perekonomian global tetap perlu diwaspadai, antara lain kenaikan Fed Fund Rate, kebijakan fiskal dan perdagangan serta penurunan besaran neraca bank sentral AS, dan perkembangan geopolitik di beberapa kawasan, khususnya di Semenanjung Korea.

Sedangkan, beberapa risiko yang tetap perlu diwaspadai dari sisi domestik adalah dampak penyesuaian administered prices terhadap inflasi serta berlanjutnya konsolidasi korporasi dan perbankan.

"Pengendalian inflasi akan terus diperkuat terutama dalam menghadapi sejumlah risiko terkait penyesuaian administered prices sejalan dengan kebijakan lanjutan reformasi subsidi energi oleh Pemerintah, dan risiko kenaikan harga volatile food menjelang bulan puasa," katanya.

Untuk itu, BI terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

Tirta menegaskan BI juga terus mempererat koordinasi bersama Pemerintah dalam rangka pengendalian inflasi agar tetap berada pada kisaran sasaran dan mendorong kelanjutan reformasi struktural agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.