MEKSIKO

Terlibat Pencucian Uang dengan Kartel Narkoba, Pejabat Pajak Dipecat

Muhamad Wildan | Selasa, 16 Februari 2021 | 18:16 WIB
Terlibat Pencucian Uang dengan Kartel Narkoba, Pejabat Pajak Dipecat

Pejabat tinggi otoritas pajak Meksiko (Servicio de Administración Tributaria/SAT) Ramon Garcia Gibson. (Foto: cetys.mx)

MEXICO CITY, DDTCNews - Pejabat tinggi otoritas pajak Meksiko (Servicio de Administración Tributaria/SAT) bernama Ramon Garcia Gibson dipecat karena terlibat dalam praktik pencucian uang dengan kartel narkoba.

Pada awal tahun 2000-an, Gibson turut membantu 2 kartel narkoba yakni Sinaloa dan Norte del Valle dalam pencucian uang yang mencapai jutaan dolar AS melalui HSBC Mexico.

"Gibson dipecat pada 29 Januari 2021, 4 bulan setelah terbitnya laporan investigasi Quinto Elemento Lab. Pada laporan tersebut, Gibson diketahui terlibat ketika masih bekerja pada HSBC Mexico," tulis insightcrime.org dalam pemberitaannya, dikutip Selasa (16/2/2021).

Baca Juga:
Bawa Uang Besar ke Luar Negeri Harus Lapor DJBC, Begini Aturannya

SAT sendiri mengakui laporan dari Quinto Elemento Lab merupakan salah satu dasar dari pemecatan Gibson dari posisinya sebagai Head of Central Administration for Legal Affairs Concerning Vulnerable Activities pada SAT. Posisi ini diduduki Gibson sejak 2019.

Raquel Buenrostro selaku Kepala SAT melaksanakan investigasi internal setelah mendapat instruksi dari Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. "Orang ini tidak boleh bekerja di dalam pemerintahan. Kami tidak ingin ada pejabat dengan rekam jejak buruk," ujar Lopez Obrador.

Pada laporan Quinto Elemento Lab, karyawan dan pejabat tinggi HSBC Mexico dituding terlibat dalam pencucian uang oleh kartel narkoba Meksiko. Ironisnya, kala itu Gibson menjabat sebagai Communication and Control Committee pada HSBC Mexico.

Baca Juga:
Aduan Soal Pedagangan Berjangka Ditangani Berjenjang, Begini Sistemnya

Komite tersebut mengemban tugas mencegah praktik pencucian uang melalui sistem perbankan. Setelah berkarier pada HSBC Mexico, Gibson mendirikan anti-money laundering consulting firm pada Juni 2009.

Sejak 2009, Gibson aktif menjadi pembicara dalam berbagai seminar yang membahas tentang pencucian uang. Bahkan, Gibson juga pernah menjadi investigator National Institute of Criminal Sciences yang dibentuk untuk menyusun strategi guna memerangi praktik pencucian uang. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

16 Februari 2021 | 23:13 WIB

bisa-bisanya berbuat seperti ini, mantap ada tindakan tegas

ARTIKEL TERKAIT
Minggu, 03 Maret 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN BEA DAN CUKAI

Bawa Uang Besar ke Luar Negeri Harus Lapor DJBC, Begini Aturannya

Senin, 15 Januari 2024 | 13:30 WIB PERDAGANGAN BERJANGKA

Aduan Soal Pedagangan Berjangka Ditangani Berjenjang, Begini Sistemnya

Selasa, 02 Januari 2024 | 12:30 WIB KEBIJAKAN PUBLIK

Golden Visa Rawan Dipakai untuk Pencucian Uang dan Penghindaran Pajak

Minggu, 26 November 2023 | 09:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Penumpang Bawa Rp 100 Juta Keluar atau Masuk RI, DJBC: Wajib Lapor

BERITA PILIHAN