KP2KP KUTACANE

Tak Tanggapi SP2DK, Satu per Satu WP di Daerah Didatangi Petugas Pajak

Redaksi DDTCNews | Senin, 01 April 2024 | 10:00 WIB
Tak Tanggapi SP2DK, Satu per Satu WP di Daerah Didatangi Petugas Pajak

Ilustrasi.

KUTACANE, DDTCNews - KP2KP Kutacane melakukan kunjungan kerja ke tempat wajib pajak di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara guna mengedukasi perihal Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK) pada 27 Februari 2024.

Petugas pajak dari KP2KP Kutacane Aji Permana mengatakan kunjungan tersebut merupakan upaya jemput bola kepada wajib pajak yang masuk dalam daftar kunjungan untuk dilakukan klarifikasi dan konfirmasi kebenaran data perpajakan.

“Kami mendatangi beberapa wajib pajak dalam rangka edukasi dan klarifikasi data SP2DK. Mulai dari toko elektronik, distributor produk, hingga wajib pajak profesi. Semuanya berjalan dengan lancar,” katanya dikutip dari situs web DJP, Senin (1/4/2024).

Baca Juga:
Pihak yang Bisa Beli Barang Toko Bebas Bea dengan Fasilitas Perpajakan

Sementara itu, Kepala KP2KP Kutacane Qomarudin Alfatah menyampaikan kunjungan tersebut penting untuk meningkatkan pemahaman pajak sekaligus juga untuk konfirmasi/klarifikasi atas data SP2DK yang belum direspon oleh wajib pajak.

Dia menjelaskan salah satu tujuan dari kunjungan (visit) perihal SP2DK adalah untuk memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk melaksanakan self-assesment berupa penelaahan dan klarifikasi atas kewajiban perpajakannya.

Dalam pelaksanaan tugas kunjungan tersebut, petugas juga menyampaikan sejumlah informasi terkait dengan ketentuan perpajakan.

Baca Juga:
Italia Tuding AS, India, dan China Hambat Pembahasan Pilar 1

“Kami berharap wajib pajak makin memahami ketentuan perpajakan sesuai dengan pekerjaan dan bisnis mereka masing-masing, dan tentunya juga semakin patuh dalam pelaporan dan pembayaran,” tuturnya.

Merujuk pada SE-05/PJ/2022, kunjungan adalah kegiatan yang dilakukan oleh pegawai DJP yang ditugaskan untuk mendatangi tempat tinggal, tempat kedudukan, tempat kegiatan usaha dan/atau pekerjaan bebas wajib pajak, dan/atau tempat lain yang dianggap perlu dan memiliki kaitan dengan wajib pajak. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Minggu, 26 Mei 2024 | 14:30 WIB PMK 28/2024

Hunian Mewah di IKN Dikecualikan dari PPnBM, Begini Aturannya

Minggu, 26 Mei 2024 | 14:00 WIB PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Kepatuhan Pajak Mentok di 60 Persen, Pemda Bakal Gencarkan Penagihan

Minggu, 26 Mei 2024 | 13:30 WIB KABUPATEN CIANJUR

Pemkab Tetapkan Pajak Reklame 25%

Minggu, 26 Mei 2024 | 12:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Batasan Impor Barang Kiriman Pribadi Dihapus tapi DJBC Ingatkan Ini

Minggu, 26 Mei 2024 | 11:30 WIB BEA CUKAI LANGSA

DJBC Gerebek Gudang Barang Impor Ilegal, Ada Motor Hingga Kosmetik

Minggu, 26 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Fasilitas PPh Final Nol Persen untuk UMKM di Ibu Kota Nusantara