AMERIKA SERIKAT

Pro Kontra Pajak Minuman Soda

Redaksi DDTCNews | Selasa, 09 Agustus 2016 | 13:27 WIB
 Pro Kontra Pajak Minuman Soda

KANADA, DDTCnews – Pemerintah pusat Amerika Serikat tengah mempertimbangkan sisi positif dan negatif dari penerapan pajak atas minuman soda.

Menteri Keuangan Bill Morneau melalui Deputi Menteri Keuangan Paul Rochon meminta analisis internal akhir tahun lalu untuk menggali seperti apa isu dan dampak dari pengenaan pajak dari konsumsi minuman soda.

“Banyak organisasi kesehatan mengingatkan pemerintah untuk menerapkan pajak atas minuman yang dimaniskan dengan gula sebagai salah satu strategi mengatasi penyakit obesitas,” ungkap memo yang ditandatangani oleh Paul.

Baca Juga:
Biden Naikkan Bea Masuk Mobil Listrik, Begini Respons Otoritas China

Salah satu organisasi yang menyerukan pajak soda adalah the Heart and Stroke Foundation. Organisasi ini mengatakan memajaki minuman menis terbukti mampu mengurangi konsumsi atas minuman tersebut di beberapa negara.

Beberapa ahli kesehatan juga telah mengungkapkan minuman bersoda salah satu sumber signifikan yang dapat mengantarkan konsumen pada penyakit kronis dan obesitas.

Namun, the Canadian Beverage Association menolak penerapan pajak soda tersebut. Asosiasi yang berisi 60.000 pekerja di industri tersebut menyatakan penerapan pajak atas minuman soda tidak efektif untuk mengurangi konsumsi atas produk ini.

Baca Juga:
Jenis Kendaraan Listrik yang Kena Bea Masuk 0% di Negara Ini Diperluas

“Perhatikan saja, kasus obesitas terus meningkat selama 20 tahun terakhir dan di saat yang sama konsumsi minuman manis dan berkalori justru mengalami penurunan,” kata juru bicara asosiasi tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip melalui cbc.ca.

Kendati demikian, selain untuk mencegah obesitas, pajak soda juga diterapkan untuk mencegah anggaran negara semakin tenggelam. "Penerapan pajak soda adalah suatu hal penting yang harus diperjuangkan karena menyangkut anggaran negara tahun depan," ujar Paul dalam memonya. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 17 Mei 2024 | 13:30 WIB KOTA PALANGKA RAYA

Pajak Hiburan Sampai 40%, Ini Daftar Tarif Pajak Terbaru Palangka Raya

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:30 WIB KEMENTERIAN KEUANGAN

Sri Mulyani Minta Ditjen Anggaran Ikuti Perkembangan Gepolitik dan AI

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:17 WIB KEPATUHAN PAJAK

Wah! Ada 8.758 WP Ajukan Perpanjangan Lapor SPT Tahunan 2023

Jumat, 17 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Tahukah Kamu? Di Mana Negara Menyimpan Uang yang Terkumpul dari Pajak?

Jumat, 17 Mei 2024 | 10:10 WIB KEPUTUSAN KETUA MA NOMOR 112/KMA/SK.OT1/IV/2024

Ini Tugas Pokja Penyatuan Atap Pengadilan Pajak yang Dibentuk MA