STATISTIK ALIRAN DANA GELAP

Menilik Illicit Financial Flows di Negara-Negara Berkembang

Redaksi DDTCNews | Kamis, 01 Oktober 2020 | 16:14 WIB
Menilik Illicit Financial Flows di Negara-Negara Berkembang

ILLICIT financial flows (IFF) merupakan perpindahan dana atau modal gelap dari satu negara ke negara lainnya. Global Financial Integrity (GFI) mendefinisikan IFF sebagai dana yang didapatkan, ditransfer, atau digunakan secara ilegal dalam lintas batas yurisdiksi.

Sumber utama dana gelap tersebut umumnya menyangkut korupsi, penggelapan pajak, atau tindakan melanggar hukum lainnya. Adapun kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai IFF mencakup banyak jenis seperti kesalahan faktur perdagangan, penyelundupan, penggelapan pajak, dan sebagainya.

Kesalahan faktur perdagangan (trade misinvoicing) terjadi ketika importir dan eksportir dengan sengaja memalsukan harga yang ditetapkan pada faktur untuk barang impor atau ekspor sebagai cara menghindari pajak dan bea/cukai, mencuci hasil tindak pidana, menghindari kontrol mata uang, ataupun menyembunyikan keuntungan di luar negeri.

Laporan yang dirilis oleh GFI pada Maret 2020 ini menganalisis IFF dengan kategorisasi negara-negara sesuai dengan sistem klasifikasi International Monetary Fund (IMF). Laporan ini tidak membahas semua bentuk IFF, tetapi hanya berfokus pada trade misinvoicing terkait IFF.

Tabel berikut menunjukkan 10 negara-negara berkembang dengan ketimpangan nilai (value gap) perdagangan bilateral terbesar yang diakibatkan oleh trade misinvoicing dari total sebanyak 135 negara.

Adapun perdagangan bilateral yang dimaksud melibatkan seluruh partner perdagangan global (Global Trading Partner) dari masing-masing negara dan merupakan rata-rata value gap dalam periode 2008-2017, bersumber dari laporan perdagangan resmi tiap-tiap negara yang diserahkan kepada United Nations (UN) Comtrade.


Hasil dari analisis GFI menunjukkan China, Rusia, dan Meksiko merupakan negara dengan rata-rata nilai value gap terbesar, yakni masing-masing mencapai US$482,4 miliar, US$92,6 miliar, dan US$81,5 miliar. Namun, apabila dilihat berdasarkan persentase dari total perdagangan, Gambia, Seychelles, dan Paraguay merupakan negara dengan value gap terbesar, yakni mencapai 46,8%, 38,3%, dan 27,1%.

Menariknya, Thailand merupakan satu-satunya negara yang value gap perdagangannya selalu berada di 10 peringkat teratas, baik dilihat dari segi nilai maupun persentasenya. Hal ini menyiratkan trade misinvoicing di Thailand sangat merugikan negara tersebut. Selain karena memiliki nilai yang fantastis, proporsinya juga cukup besar terhadap total perdagangan hingga mencapai 25,3%.

Namun, hal ini tidak serta-merta menyimpulkan negara-negara dengan proporsi terhadap total perdagangan yang relatif rendah memiliki dampak merugikan yang lebih rendah pula pada negara yang bersangkutan. Untuk mengukur hal tersebut, perlu dilihat juga nilai net value gap dengan satuan mata uang dolar Amerika Serikat yang telah disesuaikan dengan proporsinya terhadap total perdagangan.

Kesimpulannya, diperlukan suatu mekanisme yang efisien dan efektif untuk mengatasi perilaku tersebut. Adapun rekomendasi yang dikeluarkan oleh GFI antara lain menyangkut penegakan aturan di lapangan yang konkrit, meningkatkan fungsi administrasi yang dapat mendeteksi adanya perilaku tersebut, serta melakukan pemeriksaan dan evaluasi yang menyeluruh terhadap penerimaan yang hilang. *

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 06 Maret 2024 | 10:45 WIB STATISTIK PAJAK MULTINASIONAL

Tren Pemberian Insentif PPh Badan di Dunia dalam Satu Dekade Terakhir

Selasa, 27 Februari 2024 | 11:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Ikuti KTM WTO ke-13, RI Ingin Stop Moratorium Bea Masuk Barang Digital

Rabu, 21 Februari 2024 | 14:35 WIB STATISTIK CUKAI

Mengenal Skema Pengenaan Cukai Rokok Elektrik di Dunia, Begini Datanya

Kamis, 15 Februari 2024 | 11:30 WIB STATISTIK KEBIJAKAN PAJAK

Daftar Negara yang Rutin Selaraskan Bracket PPh OP dengan Laju Inflasi

BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara