AMERIKA SERIKAT

Mantan Pengacara Pribadi Trump Tersangkut Kasus Pajak

Redaksi DDTCNews
Kamis, 09 Agustus 2018 | 13.56 WIB
Mantan Pengacara Pribadi Trump Tersangkut Kasus Pajak

NEW YORK, DDTCNews – Mantan pengacara pribadi Presiden Amerika Serikat (AS), Michael Cohen, sedang menjalani proses penyelidikan di New York atas tuduhan penggelapan pajak. Penyelidikan itu dilakukan terhadap pendapatan mantan pengacara yang berkisar ratusan ribu dolar AS dan bisnis transportasi.

Kabar yang telah beredar menyebut Cohen berupaya menghindarkan pendapatannya terhadap otoritas pajak AS (Internal Revenue Services/IRS), sehingga dia tidak melaporkan seluruh hartanya dalam penyetoran pajak.

“Penghasilan dari bisnis taksi selama 5 tahun terakhir dan ratusan ribu dolar AS yang diterima secara tunai maupun pembayaran lainnya, tidak dilaporkan pajaknya,” demikian melansir thinkprogres.org, Kamis (9/8).

Adapun petugas juga mencatat Cohen berupaya melebih-lebihkan penghasilannya agar memenuhi syarat perbankan dalam melakukan pendanaan. Kabarnya pinjaman itu dilakukan untuk mendanai bisnis taksi medallionnya.

Hingga akhirnya para petugas penyelidik memeriksa pegawai Sterling National Bank. Namun pemeriksaan pegawai bank justru menimbulkan 2 asumsi antara pegawai bank sengaja membiarkan Cohen mendapat pinjaman, atau Cohen sengaja meningkatkan nilai asetnya untuk mendapat agunan tinggi.

Kemudian sebagai bagian dari penyelidikan keberlanjutan, petugas memanggil Jeffrey Getzel seorang mantan akuntan Cohen. Namun belum jelas bagaimana hasil dari penyelidikan Getzel.

Di samping itu, kabar mengenai upaya penggelapan pajak Cohen menjadi bahan perbincangan yang cukup panas di AS. Mengingat Cohen menyelesaikan sejumlah perkara yang dihadapi Trump, atau kerap disebut dengan istilah ‘fixer’. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.