PAKISTAN

Komisi Tinggi Minta P3B Segera Difinalisasi

Redaksi DDTCNews | Selasa, 23 April 2019 | 16:14 WIB
Komisi Tinggi Minta P3B Segera Difinalisasi

Ilustrasi. 

ISLAMABAD, DDTCNews – Terlambatnya penandatanganan perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B) selama bertahun-tahun antara Pakistan dengan Australia telah memberi dampak buruk pada dua sektor di kedua negara.

Sejauh ini, Komisi Tinggi Pakistan di Australia telah menulis surat kepada Kementerian Luar Negeri sebagai tindak lanjut P3B, sekaligus mengangkat masalah itu kepada Departemen Perdagangan agar segera diatasi.

“Penundaan 17 tahun tersebut mempengaruhi sektor perdagangan dan investasi antara kedua negara terkena dampak yang cukup serius,” demikian isi surat tersebut, seperti dilansir Tribune Pakistan, Selasa (23/4/2019).

Baca Juga:
Kurs Pajak Hari Ini: Rupiah Berbalik Melemah, Dolar AS Menguat

Pada 20 Maret lalu, Komisaris Tinggi Pakistan sempat bertemu dengan beberapa tokoh penting Departemen Keuangan Australia, termasuk kepala Divisi Korporat Paul McCullough, Manajer Unit Transaksi Lintas Batas Lynn Kelly, dan Kepala Divisi Korporat dan Internasional Bidang Pajak Ronita Ram.

Pertemuan Joint Working Group Pakistan-Australia membahas kelanjutan penandatanganan P3B kedua negara. Pakistan berharap P3B segera difinalisasi agar segera mendapatkan dampak positif dari perjanjian tersebut.

Pemerintah Pakistan berharap penandatanganan P3B mampu menghapus pajak berganda, memfasilitasi calon investor, mendorong perdagangan, dan memperbaiki investasi bilateral. Perjanjian itu juga sebagai upaya pemerintah kedua negara untuk mengatasi kejahatan keuangan dan pencucian uang.

Baca Juga:
Australia Mulai Terapkan Pajak Minimum Global Tahun Ini

Pemerintah Pakistan juga menyebut pentingnya Zona Ekonomi Khusus di dekat rute Koridor Ekonomi China—Pakistan (China—Pakistan Economic Corridor/CPEC) untuk menggali potensi bisnis. Zona tersebut memberi peluang pertambangan global dan industri energi terbarukan yang mungkin diminati investor Australia.

Menanggapi sejumlah potensi tersebut, Paul McCullough mengatakan Departemen Keuangan Australia tengah bernegosiasi dengan beberapa negara terkait kontrak pajak berganda 5 tahun. Dia berharap Pakistan juga akan mendapat manfaat dari peluang itu.

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 09:21 WIB KURS PAJAK 27 MARET 2024 - 02 APRIL 2024

Kurs Pajak Hari Ini: Rupiah Berbalik Melemah, Dolar AS Menguat

Jumat, 22 Maret 2024 | 10:30 WIB AUSTRALIA

Australia Mulai Terapkan Pajak Minimum Global Tahun Ini

Rabu, 20 Maret 2024 | 08:45 WIB KURS PAJAK 20 MARET 2024 - 26 MARET2024

Kurs Pajak Minggu Ini: Rupiah Menguat Atas Mayoritas Mata Uang Mitra

Rabu, 13 Maret 2024 | 09:05 WIB KURS PAJAK 13 MARET 2024 - 19 MARET 2024

Kurs Pajak Terbaru: Rupiah Melemah Terhadap Seluruh Mata Uang Mitra

BERITA PILIHAN