KANADA

Kini, Pakai Aplikasi Ini Sudah Kena Pajak

Redaksi DDTCNews | Kamis, 08 Februari 2018 | 17:58 WIB
Kini, Pakai Aplikasi Ini Sudah Kena Pajak

VICTORIA, DDTCNews – Pemerintah negara bagian British Columbia mencapai kesepakatan dengan raksasa aplikasi persewaan properti Airbnb untuk memungut pajak. Ke depannya, setiap transaksi sewa menyewa properti akan dikenakan pajak sebesar 8% per transaksi.

Menteri Keuangan British Columbia Carole James mengatakan, nantinya hasil setoran pajak dari aplikasi daring itu akan digunakan untuk membiayai proyek perumahan dengan harga terjangkau. Pungutan pajaknya akan dilakukan berlapis.

“Setiap sen uang pajak akan membuat perbedaan yang nyata. Negara bagian akan menetapkan pajak penjualan sebesar 8% di tingkat provinsi dan pajak hotel 3% untuk perkotaan” katanya, Kamis (8/2).

Baca Juga:
Efek Lebaran, Setoran Pajak Restoran dan Hiburan Diprediksi Naik 200%

Departemen Keuangan merilis potensi penerimaan dari pajak ini dan setidaknya terdapat potensi penerimaan sebesar C$16 juta atau Rp173 miliar untuk negara bagian dan C$5 juta atau setara dengan Rp54 miliar untuk pemerintah daerah setiap tahunnya.

Seperti yang diketahui, pengenaan pajak untuk layanan Airbnb ini untuk mengurangi dampak negatif terhadap pasar perumahan dan hotel setempat. Tujuannya ialah mengerem tren penyewaan dalam jangka pendek dengan pengenaan pajak. Kemudian secara bertahap meningkatkan tingkat hunian properti untuk jangka panjang.

Langkah ini mendapat respons positif elemen politik di salah negara bagian Kanada tersebut. Politisi Partai Hijau Kanada Andrew Weaver menyampaikan apresiasinya terkait kerjasama dengan Airbnb ini.

Baca Juga:
Ada Libur Lebaran, Pemda Harap Setoran Pajak Hotel Lampaui Target 2024

“Ini merupakan langkah awal yang baik dari perspektif keadilan dalam pengenaan pajak,” ungkapnya dilansir The Globe and The Mail.

Sementara itu, Eksekuitf Airbnb untuk British Columbia, Alex Dagg menyambut baik kebijakan yang pertama kali diterapkan di Kanada ini. Hal ini akan menguntungkan semua pihak dimana aplikasi Airbnb beroperasi.

“Perusahaan pertama kali mengumpulkan pajak hotel dan turis di Portland, Oregon, AS. Dan sejak itu kesepakatan serupa telah dicapai di 350 yurisdiksi termasuk di Prancis dan India,” paparnya.


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 24 April 2024 | 09:30 WIB KEANGGOTAAN OECD

Ingin Jadi Anggota OECD, Jokowi Bentuk Timnas

Rabu, 24 April 2024 | 09:03 WIB KURS PAJAK 24 APRIL 2024 - 30 APRIL 2024

Kurs Pajak Terbaru: Rupiah Melemah Terhadap Mayoritas Negara Mitra

Rabu, 24 April 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Sedang Uji Coba, Ini Manfaat Modul Vehicle Declaration dalam CEISA 4.0

Rabu, 24 April 2024 | 08:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

DJP Bakal Tunjuk Wajib Pajak, Uji Coba Kesiapan Coretax System

Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara