ADMINISTRASI PAJAK

DJP Tunjuk 6 PMSE Jadi Pemungut PPN, Mulai dari Amazon Hingga Evernote

Muhamad Wildan
Jumat, 17 Mei 2024 | 09.52 WIB
DJP Tunjuk 6 PMSE Jadi Pemungut PPN, Mulai dari Amazon Hingga Evernote

Ilustrasi. Gedung Ditjen Pajak.

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP) menunjuk 6 pelaku usaha perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) sebagai pemungut PPN pada bulan lalu.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Dwi Astuti mengatakan keenam perusahaan yang baru ditunjuk pada April 2024 antara lain Tradeshift Holdings, Inc., Ahrefs Pte. Ltd., Amazon EU S.à r.l., Evernote Corporation, Lemon Squeezy LLC, dan Posit Software, PBC.

"Guna menciptakan keadilan dan kesetaraan berusaha bagi pelaku usaha, pemerintah masih akan terus menunjuk pelaku usaha PMSE yang menjual produk atau memberikan layanan digital dari luar negeri kepada konsumen di Indonesia," katanya, Jumat (17/5/2024).

Selain menunjuk 6 pemungut PPN PMSE baru, DJP juga melakukan pembetulan data pemungut PPN terhadap Alexa Internet dan pencabutan data pemungut PPN terhadap Aleepic Games International S.a r.l., Bertrange, Root Branch.

Dengan ditunjuknya 6 pelaku usaha menjadi pemungut PPN PMSE tersebut maka total pemungut yang telah ditunjuk oleh DJP bertambah menjadi 172 pelaku usaha PMSE.

Dari total tersebut, sebanyak 154 pelaku usaha PMSE telah aktif memungut dan menyetorkan PPN PMSE ke kas negara. Terhitung mulai Januari hingga April 2024, total PPN yang disetorkan pelaku usaha PMSE ke kas negara mencapai Rp2,6 triliun.

Seperti diketahui, ketentuan penunjukkan pelaku usaha sebagai pemungut PPN PMSE diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 60/2022.

Pelaku usaha ditunjuk menjadi pemungut PPN PMSE apabila memiliki nilai transaksi dengan pembeli Indonesia di atas Rp600 juta setahun atau Rp50 juta sebulan dan/atau memiliki jumlah trafik di Indonesia di atas 12.000 per tahun atau 1.000 per bulan.

Pelaku usaha wajib memungut PPN sebesar 11% atas produk digital luar negeri yang dijual di Indonesia serta membuat bukti pungut PPN berupa billing, order receipt, atau sejenisnya yang menyebut nominal PPN yang dipungut.

Informasi lebih lanjut mengenai PPN produk digital luar negeri, termasuk daftar pemungut, dapat dilihat di https://www.pajak.go.id/id/pajakdigital atau https://pajak.go.id/en/digitaltax (bahasa Inggris). (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.