PEMILU 2024

Debat ke-4 Capres-Cawapres Bakal Diadakan di Jakarta Convention Center

Dian Kurniati | Selasa, 16 Januari 2024 | 08:48 WIB
Debat ke-4 Capres-Cawapres Bakal Diadakan di Jakarta Convention Center

Ilustrasi. Pekerja melipat surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai, di Kota Dumai, Riau, Senin (15/1/2024). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/nz

JAKARTA, DDTCNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan penyelenggaraan debat capres-cawapres peserta pemilu 2024 akan kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Anggota KPU August Mellaz mengatakan mengatakan debat keempat capres-cawapres dijadwalkan pada 21 Januari 2024. Menurutnya, pelaksanaan debat di JCC memiliki beberapa kelebihan.

"Berdasarkan pengalaman, di JCC selain memang availability-nya tersedia, secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," katanya, dikutip pada Selasa (16/1/2024).

Baca Juga:
Begini Penghitungan Angsuran PPh 25 Jika SPT Tahunan Telat Disampaikan

Mellaz menuturkan KPU mulai menggelar rapat persiapan debat keempat dengan ketiga tim pasangan calon serta televisi penyelenggara. Rapat lanjutan yang bersifat teknis juga akan dilakukan untuk memfinalisasi tema debat, sebelum menentukan panelis dan moderator debat.

Debat keempat akan digelar untuk cawapres. Tema untuk debat tersebut antara lain pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta masyarakat adat dan desa.

Meski demikian, subtema debat dapat berubah berdasarkan kesepakatan KPU dan ketiga tim pasangan calon.

Baca Juga:
Pemprov DKI Nonaktifkan NIK, Apa Dampaknya ke Administrasi Pajak?

Dia menjelaskan format debat keempat tidak berubah dari debat-debat sebelumnya. Debat tersebut dimulai pukul 19.00 WIB, serta disiarkan secara langsung dengan durasi selama 150 menit, termasuk 30 menit untuk iklan.

"Tidak ada perubahan apapun kecuali memang perubahan terkait dengan tema," ujarnya.

Debat akan terdiri atas 6 segmen. Segmen pertama akan diisi dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang sesuai dengan tema.

Baca Juga:
Ajukan Izin Kuasa Hukum Pajak secara Online, 6 Hal Ini Perlu Dicermati

Pada segmen kedua dan ketiga, cawapres akan menjawab pertanyaan yang disusun tim panelis, dengan yang menyampaikan adalah moderator.

Pada segmen keempat dan kelima, cawapres diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing cawapres yang lain, serta menjawabnya.

Untuk segmen keenam, cawapres akan menyampaikan pernyataan penutup sebagai kesimpulan atas tema yang dibahas. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN