PEREKONOMIAN NASIONAL

SMI: Kita Harus Siap dengan Kebijakan AS

Gallantino Farman
Senin, 14 November 2016 | 11.30 WIB
SMI: Kita Harus Siap dengan Kebijakan AS

DEN HAAG, DDTCNews - Hasil pilpres Amerika Serikat (AS) diperkirakan memiliki pengaruh pada kondisi ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Pasalnya, AS adalah negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebagai negara ekonomi terbuka, Indonesia juga harus turut bersiap-siap dengan kebijakan AS.

“Siapapun yang dipilih oleh rakyat AS sebagai pemimpinnya, yang kemudian diterjemahkan dengan kebijakan-kebijakan yang diambil, tentu akan memiliki pengaruh di dunia," jelasnya saat menyambut penerima beasiswa LPDP di Belanda, Minggu (13/11).

Seperti dilansir dari laman Kemenkeu, menurut Sri Mulyani, AS tentu akan sangat memengaruhi lanskap global dari sisi ekonomi dan sisi geopolitik, serta mampu memengaruhi percaturan keseluruhan dunia. 

Kondisi ekonomi di dunia tak terlepas dari kondisi geopolitik, Indonesia sedikit banyak akan menerima dampak dari keadaan ekonomi global meskipun saat ini tengah bangkit.

Untuk menghadapi keadaan yang masih tidak menentu, Indonesia sebagai negara yang juga relatif besar harus dapat menciptakan permintaan domestik.

“Dan negara dengan ekonomi yang sehat adalah yang mampu menjaga dari turbulensi krisis global dan di dalam (negeri) diperkuat. Oleh karena itu, strategi ekonomi Indonesia adalah bagaimana membuat permintaan domestik menjadi sehat dan kuat,” katanya. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.