SULAWESI SELATAN

Siasati Pemotongan DAU, Silpa Dimaksimalkan

Redaksi DDTCNews
Kamis, 15 September 2016 | 16.29 WIB
Siasati Pemotongan DAU, Silpa Dimaksimalkan
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR, DDTCNews – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sulawesi Selatan hingga saat ini tengah melakukan tahapan finalisasi draft Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2016 guna menyiasati pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Dari hasil penyisiran kita untuk penghematan yang dilakukan SKPD ditemukan dana sebesar Rp 25,22 milliar. Selain itu masih ada Silpa sebesar Rp 129 milliar, ini akan dibagi berdasarkan skala prioritas SKPD,” kata Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Sulsel Jufri Rachman, pekan lalu.

Dia menambahkan, pihaknya juga menyesuaikan adanya pemotongan dana Alokasi Khusus (DAK) di sektor infrastruktur yang dilakukan pemerintah pusat sebesar 10%, atau Rp42,5 miliar dari Rp425 miliar di APBD pokok.

Jufri berharap agar pembahasan RAPBD-P 2016 ini bisa rampung sebelum bulan Oktober. Rencananya, lanjut dia akhir bulan ini, pihaknya sudah membahas RAPBD-P ini bersama Banggar DPRD Sulsel.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengakui jika APBD-P 2016 masih berfokus pada sektor pertanian dan kemaritiman. Karena beberapa program dan kebijakan penting tetap dilanjutkan di APBD-P ini.

“Finalisasi perubahan anggaran sementara diporsir oleh Bapeda. Saya cek hari ini, untuk persiapan APBD perubahan. Ada program baru, tapi yang main program tetap kita maksimalkan,” pungkasnya seperti dikutip makassaronline.com.

Saat ini APBD pokok 2016 Sulsel mencapai Rp6,7 triliun. Sebelumnya Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Latif mengakui jika batas maksimal penambahan anggaran di APBD perubahan sebesar 15%, seperti tahun lalu. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.