KABUPATEN MIMIKA

Kejar Setoran Pajak, Bapenda Rambah Sistem Pembayaran Online

Redaksi DDTCNews
Selasa, 27 November 2018 | 18.10 WIB
Kejar Setoran Pajak, Bapenda Rambah Sistem Pembayaran Online

Ilustrasi.

TIMIKA, DDTCNews – Penggunaan jaringan perbankan secara online untuk pembayaran pajak terus berkembang di pemerintah daerah. Kabupaten Mimika mulai menjajal kemudahan tersebut untuk mengerek penerimaan ke kas daerah.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mimika Dwi Cholifa mengatakan pelayanan prima kepada wajib pajak menjadi cara jitu untuk mengerek penerimaan. Oleh karena itu, pembayaran pajak secara online mulai digencarkan dalam satu tahun terakhir.

"Saat ini kami lakukan peningkatan aplikasi pajak pada online sistem bekerjasama dengan Bank Papua melalui divisi IT dan pengembangan," katanya dilansir Seputar Papua, Selasa (27/11/2018).

Dia menyebutkan mekanisme pembayaran pajak melalui ATM Bank Papua ini merupakan yang pertama di terapkan pada level kabupaten dan kota di Provinsi Papua. Selain itu, loket pembayaran pajak daerah juga disiapkan pada setiap kantor cabang Bank Papua.

Selain itu, pelayanan untuk pembayaran pajak juga dilakukan melalui pelbagai saluran. Bagi WP PBB-P2 misalnya, Bapenda menyiapkan layanan mobil keliling untuk memudahkan masyarakat membayar kewajiban pajaknya.

"Bapenda juga melakukan kerjasama dengan Telkomsel Timika untuk melakukan pemberitahuan himbauan pajak daerah melalui fasilitas SMS gateway dan SMS blast," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bank Papua, Simon Giyai mengatakan, sebagai pemegang rekening kas umum daerah, Bank Papua turut berperan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kerja sama akan terus ditingatkan untuk membantu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan transparan.

Semua saluran pembayaran via Bank Papua menurut Simon siap dipergunakan untuk melayani wajib pajak di Kabupaten Mimika. Kantor cabang hingga jaringan ATM siap mendukung agenda meningkatkan penerimaan ke kas darah dari sektor pajak.

"Di Mimika ada 20 Mesin ATM Bank Papua, Dengan adanya online payment, semua ATM bisa berfungsi sebagai tempat pembayaran pajak. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui teler Bank Papua yang disediakan di beberapa tempat termasuk di Kantor Bapenda," imbuhnya. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.