KOTA PAREPARE

Kejar PAD, Pemda Gandeng Perbankan

Redaksi DDTCNews
Kamis, 12 April 2018 | 10.31 WIB
Kejar PAD, Pemda Gandeng Perbankan

PAREPARE, DDTCNews – Perbaikan pelayanan pajak dan retribusi daerah terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Kini, layanan elektronik jadi alat teranyar untuk mengejar target penerimaan daerah.

Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare meluncurkan pembayaran perdana Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) berbasis elektronik pada Rabu (11/4). Layanan kepada wajib pajak ini menggandeng Bank Sulselbar.

"Tadi kita sudah me-launching pembayaran perdana PBB yang diawali asisten 3, selanjutnya untuk besok, pembayaran PBB dilanjutkan di Kantor Dinas Pendapatan Daerah," kata Kepala Bidang Pendapatan Daerah BKD Parepare, Prasetyo Catur Kristianto.

Dia mengatakan penggunaan sarana elektronik dalam pembayaran pajak tidak lain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu,  pihaknya telah membuat jadwal berkala untuk menjemput pembayaran PBB warga secara gratis.

"Kita sudah buat schedule dengan menyasar pasar-pasar, masuk Kecamatan, Kelurahan untuk memberikan pelayananan ke masyarakat, apalagi masyarakat yang berada di wilayah Watang Bacukiki tidak perlu lagi turun gunung, akan kami siapkan kendaraan untuk menjemput pembayaran PBB warga," terangnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan target PAD di tahun 2018 dapat tercapai. Pasalnya komponen pajak dan retribusi merupakan salah satu penggerak pembangunan daerah.

"Kami targetkan PAD Tahun 2018 mencapai Rp4,75 miliar, sementara potensi yang ada Rp4,86 miliar. Jadi antara potensi dan target, selisih sedikit berkisar Rp160 juta saja," ujar Prasetyo dilansir Rakyatku.

Melalui kegiatan ini tidak hanya untuk mengejar target penerimaan semata. Namun, dalam jangka panjang ada perbaikan kesadaran dari masyarakat untuk semakin patuh dalam urusan pembayaran kewajiban pajak dan retribusi daerah. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.