VIETNAM

Regulasi Dipangkas, Biaya Kepatuhan Pajak Ditarget Susut 20% pada 2025

Dian Kurniati | Sabtu, 09 September 2023 | 07:30 WIB
Regulasi Dipangkas, Biaya Kepatuhan Pajak Ditarget Susut 20% pada 2025

Ilustrasi.

HANOI, DDTCNews - Otoritas pajak Vietnam (General Department of Taxation/GDT) menyatakan akan melaksanakan penyederhanaan regulasi untuk mempermudah pembayaran pajak dan menekan biaya kepatuhan pajak.

Otoritas menyebut regulasi pajak akan dipangkas sebesar 20% pada 2025. Hal ini juga diharapkan mampu membuat biaya kepatuhan pajak turun sebesar 20%.

"Otoritas berupaya terus menyederhanakan peraturan terkait kegiatan usaha, serta menghilangkan peraturan yang sudah tidak sesuai lagi," bunyi pernyataan GDT, dikutip pada Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga:
Pacu Ekonomi di Negara Ini, DPR Minta Target Pajak Bisa Tumbuh 21%

GDT menyatakan telah menerbitkan Keputusan Nomor 1308/QD-TCT sebagai tindak lanjut Keputusan Kementerian Keuangan Nomor 1162/QD-BTC tentang rencana aksi peningkatan kualitas dan efisiensi penyediaan layanan publik di Kementerian Keuangan.

Dalam rencana tersebut, otoritas akan menyederhanakan berbagai regulasi yang tidak diperlukan. Melalui langkah deregulasi, diharapkan prosedur pembayaran pajak bisa lebih sederhana dan tidak rumit.

Unit vertikal GDT kini telah menyelesaikan integrasi layanan secara online. Saat ini, Portal Pelayanan Publik dan Portal Elektronik Pajak telah saling terhubung dengan Portal Pelayanan Publik Nasional.

Baca Juga:
Thailand Siapkan Diskon Pajak dan Visa 10 Tahun bagi Tenaga Ahli Asing

GDT juga menargetkan 100% prosedur administrasi yang diatur undang-undang akan masuk dalam Portal Pelayanan Publik Nasional. Integrasi layanan tersebut diyakini akan menguntungkan wajib pajak, baik orang pribadi maupun badan.

Dilansir vietnamplus.vn, saat ini setidaknya 80% dokumen administrasi telah diproses sepenuhnya secara online. Sistem informasi GDT juga telah terintegrasi dalam basis data nasional sehingga akan penghapusan repetisi dan duplikasi data. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 17 Mei 2024 | 07:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Bangun Coretax, DJP Harap Sistem Pajak Indonesia Setara Negara Maju

Kamis, 16 Mei 2024 | 18:00 WIB PERDAGANGAN BERJANGKA

Bappebti Rilis Rating Pialang Berjangka Periode Januari-Maret 2024

Kamis, 16 Mei 2024 | 17:09 WIB PROVINSI JAWA BARAT

Demi Penegakan Hukum, DJP Jawa Barat Minta Dukungan Teknis Kepolisian

Kamis, 16 Mei 2024 | 17:07 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pembetulan SPT PPh 21 Tak Ubah Pajak Terutang, Status Pembetulan Nihil

Kamis, 16 Mei 2024 | 16:23 WIB DITJEN PAJAK

Pembaruan Coretax DJP Masih Tahap Pengujian