FORUM OTORITAS PAJAK DUNIA

Pemimpin Otoritas Pajak Sedunia Berkumpul, Ini yang Dibahas

Redaksi DDTCNews | Senin, 02 Oktober 2017 | 10:22 WIB
Pemimpin Otoritas Pajak Sedunia Berkumpul, Ini yang Dibahas Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi dan Direktur Perpajakan Internasional John Hutagaol di Forum on Tax Administration (FTA) Oslo Plenary Meeting yang ke-11 pada 27-29 September 2017 di Oslo, Norwegia.

OSLO, DDTCNews – Otoritas pajak sedunia berkumpul dalam pertemuan rapat yang diselenggarakan oleh Forum on Tax Administration (FTA) Oslo Plenary Meeting yang ke-11 pada 27-29 September 2017 di Oslo, Norwegia.

Rapat Pemimpin Otoritas Pajak sedunia ini diikuti oleh 48 negara/jurisdiksi dan beberapa organisasi internasional seperti Internasional Monetary Fund (IMF), Inter-American Center of Tax Administrations (CIAT) dan Intra-European Organisation of Tax Administrations (IOTA), dengan jumlah peserta lebih dari 180 orang.

Adapun sebagai perwakilan Indonesia, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi dan Direktur Perpajakan Internasional Ditjen Pajak John Hutagaol turut hadir dalam mengikuti forum pajak internasional tersebut.

Baca Juga:
Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Forum satu setengah tahunan ini merupakan sarana bagi otoritas pajak dunia untuk berbagi informasi dan pengalaman dalam pengelolaan administrasi pajak di masing-masing negara serta membahas isu terkini dan mencari berbagai alternatif solusinya.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula berbagai pendekatan untuk penyelesaian masalah perpajakan, dan merumuskan pola kerjasama antarotoritas pajak di masing-masing negara ke depannya. Forum tersebut juga berhasil mengidentifikasi permasalahan dalam administrasi pajak yang saat ini tengah dihadapi.

Tantangan yang dihadapi oleh otoritas pajak di berbagai negara relatif sama yang disebabkan oleh globalisasi dan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi (Information, Communication And Technology/ICT).

Baca Juga:
Petugas Pajak Ungkap Cara Ajukan Sertel kepada Pengurus WP Badan Baru

Acara diisi dengan diskusi interaktif dari para panelis yang berasal dari beberapa otoritas pajak, konsultan keuangan terkemuka seperti Mckensey, komunitas dunia usaha (Business and Industry Advisory Committee/BIAC), dan beberapa perguruan tinggi terkemuka.

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Menteri Keuagan Norwegia Siv Jensen. Dalam sambutannya, Jensen menekankan perlunya kerja sama dan komitmen otoritas pajak secara multilateral untuk memerangi praktek penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan multinasional yang telah menggerus potensi pajak di masing-masing negara.

Jensen mengatakan pola dan skema tax planning saat ini sudah semakin kompleks dan rumit untuk diawasi dan dipajaki karena adanya globalisasi dan digitalisasi. Namun, Jensen sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras yang sudah dilakukan otoritas pajak dalam menghimpun pendapatan pajak.

Acara ini ditutup dengan penunjukkan Hans Christian Holte (Norwegian Tax Administration) sebagai Ketua FTA yang baru untuk menggantikan Edward Troup (United Kingdom HRMC Commissioner).

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Kamis, 18 April 2024 | 17:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Salah Lapor SPT Tahunan? DJP: Tenang, Masih Bisa Pembetulan

Kamis, 18 April 2024 | 16:50 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Salah Input Kode Akun Pajak dan Sudah Pembayaran, Ini Saran DJP

BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M