ISLE OF MAN

Negara Ini Bakal Kenakan Pajak Kendaraan Listrik Mulai April 2020

Nora Galuh Candra Asmarani | Jumat, 20 Desember 2019 | 11:34 WIB
Negara Ini Bakal Kenakan Pajak Kendaraan Listrik Mulai April 2020

Ilustrasi.

DOUGLAS, DDTCNews – Pemerintah Isle of Man akan mengenakan pajak pada kendaraan listrik mulai April 2020. Pajak tersebut dikenakan untuk menutupi pendapatan dari pajak bahan bakar yang merosot.

Menteri Infrastruktur Ray Harmer mengatakan dana yang dihimpun dari bahan bakar bensin maupun diesel akan menurun dengan cepat selama 10 tahun ke depan. Padahal, dana tersebut dibutuhkan pemerintah untuk membiayai perawatan dan pembangunan infrastruktur jalan.

“Sulit menciptakan keseimbangan ketika kita bergerak menuju lingkungan baru dengan kehadiran kendaraan listrik, tetapi di sisi lain tanggung jawab pemeliharaan jalan terus berlanjut. Jalan raya perlu diperbaiki dan kami butuh dana untuk melakukan itu,” kata harmer, Jumat (20/12/2019)

Baca Juga:
Perlu Fasilitas Perpajakan untuk Genjot Investasi Energi Terbarukan

Saat ini, sambung Harmer, terdapat 280 kendaraan listrik dan 706 kendaraan hybrid terdaftar di Isle of Man. Namun, pada saat ini, kendaraan tanpa emisi tidak dikenakan pajak apapun. Untuk itu, pemerintah akan mengenakannya pajak senilai 14 pound sterling (setara Rp256.761).

Harmer tidak menampik perlunya pemerintah untuk memberikan insentif pada kendaraan listrik. Pasalnya, kehadiran kendaraan listrik mendorong terjadinya inovasi dan menjadi solusi bagi masalah lingkungan. Namun, dia menegaskan pemerintah membutuhkan dana untuk infrastruktur.

“Meski baik untuk memberi insentif karena ada alasan tertentu bagi masyarakat yang memilih beralih ke mobil listrik, salah satunya peningkatan teknologi. Namun, jalan raya perlu diperbaiki dan kami membutuhkan dana,” tegas Harmer.

Baca Juga:
Gara-Gara Insentif Pajak Mobil Listrik, AS Digugat China ke WTO

Di sisi lain, Andrew Langan-Newton, anggota dari The Isle of Man Green Party (IOMGP) mengatakan insentif finansial penting diberikan untuk mendorong adopsi transportasi yang rendah karbon.

Newton menyebut diwacanakannya pajak dan dihapusnya insentif sebelum masyarakat memiliki mobil listrik adalah langkah mundur. Dia justru menyerukan agar pemerintah menerapkan skema hibah atau pinjaman untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki kendaraan listrik.

“Penting dalam mendorong adopsi transportasi rendah karbon. Sementara itu, masalah pajak pada akhirnya akan dapat diantisipasi. Menghapus insentif sebelum banyak orang memiliki kendaraan listrik adalah langkah yang mundur,” ujar Newton, seperti dilansir rac.co.uk.

Baca Juga:
Negara Ini Siapkan Insentif Pajak untuk Impor Mobil Listrik

Adapun pada Oktober lalu, House of Commons Transport Committee mengadakan debat publik mengenai berapa tarif road pricing untuk mengatasi kehadiran mobil listrik. Skema yang disarankan termasuk pay-as-you-drive road tax.

Perincian lebih lanjut dari tagihan baru ini akan dibawa ke Tynwald, Parlemen Isle of Man, pada Februari 2020. Tidak hanya Isle of Man, Washington saat ini juga tengah berupaya mengenakan pajak pada kendaraan listrik guna mengatasi masalah menurunnya pendapatan pajak bahan bakar. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 09 April 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN ENERGI

Perlu Fasilitas Perpajakan untuk Genjot Investasi Energi Terbarukan

Rabu, 27 Maret 2024 | 10:00 WIB SENGKETA PAJAK

Gara-Gara Insentif Pajak Mobil Listrik, AS Digugat China ke WTO

Minggu, 10 Maret 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Soal Rencana Insentif Pajak Mobil Hybrid, Begini Kata Menperin

BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak