KULIAH UMUM FEB UNSOED

Membayar Pajak Adalah Bentuk Bela Negara

Redaksi DDTCNews | Senin, 04 Maret 2019 | 18:40 WIB
Membayar Pajak Adalah Bentuk Bela Negara

Penyerahan apresiasi kepada pembicara kuliah umum Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Rida Hadanu dari Dekan FEB Unsoed Suliyanto.(Foto: Unsoed.ac.id)

PURWOKERTO, DDTCNews Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bekerja sama dengan Tax Center FEB Unsoed dan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II menggelar kuliah umum bertajuk ‘Bela Negara Melalui Pajak’.

Kuliah umum yang digelar di Gedung Roedhiro FEB Unsoed, Purwokerto, Jawa Tengah itu dibuka secara langsung oleh Dekan FEB Unsoed Suliyanto. Dalam sambutannya, dia menjelaskan pentingnya bela negara sebagai bentuk kecintaan terhadap negara.

“Tema bela negara ini sangat menarik. Bela negara merupakan aksi nyata kecintaan kita terhadap negara. Di era kemerdekaan ini, salah satu bentuk bentuk bela negara adalah dengan membayar pajak,” ujarnya dilansir dari lama resmi Unsoed, Kamis (28/2/2019).

Baca Juga:
USU dan KPP Pratama Medan Polonia Gelar Pojok e-Filing

Suliyanto menambahkan pajak memiliki peran penting karena digunakan untuk membiayai kegiatan rutin pemerintahan dan melanjutkan pembangunan. Tanpa adanya pembayaran pajak maka negara secara ekonomi dan politik akan lemah. Oleh karena itu, menurutnya, membayar pajak merupakan bentuk bela negara dari warga negara yang baik.

Selain itu, kuliah umum ini menghadirkan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Rida Hadanu sebagai pembicara utama. Dia memaparkan peran strategis pajak sebagai sumber pembangunan negara.

“Penerimaan pajak merupakan satu-satunya sumber penerimaan negara yang minim risiko serta dapat meningkatkan kemandirian bangsa,” ujarnya kepada para mahasiswa yang hadir.

Baca Juga:
DJP Nusa Tenggara Teken Pembentukan Tax Center dengan UIN Mataram

Lebih lanjut disampaikan bahwa pajak merupakan kontrbusi wajib terhadap negara, yang dipaksakan berdasarkan undang-undang tanpa kontrapretasi langsung. Pendapatan negara terbesar pun diperoleh dari pajak.

Untuk itu, lanjut Rida, edukasi mengenai kesadaran pajak di perguruan tinggi perlu ditingkatkan. Ini juga bisa dijalin melalui kerja sama (MoU) melalui pengembangan pembelajaran dan kurikulum, pengembangan teknologi, serta riset di bidang perpajakan. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 22 Maret 2024 | 21:32 WIB UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

USU dan KPP Pratama Medan Polonia Gelar Pojok e-Filing

Kamis, 14 Maret 2024 | 16:07 WIB KANWIL DJP NUSRA

DJP Nusa Tenggara Teken Pembentukan Tax Center dengan UIN Mataram

Senin, 11 Maret 2024 | 14:30 WIB UNIVERSITAS INDONESIA

Mau Tanya Soal Pelaporan SPT? Klinik Pajak UI Buka Layanan Konsultasi

Rabu, 06 Maret 2024 | 17:15 WIB UNIVERSITAS INDONESIA

FEB UI dan DDTC Jalin Kerja Sama Pendidikan Pajak

BERITA PILIHAN