SEWINDU DDTCNEWS
KEBIJAKAN PEMERINTAH

Ini Sebab DPR Minta Pemerintah Segera Tetapkan Kepala OIKN yang Baru

Muhamad Wildan
Minggu, 9 Juni 2024 | 08.30 WIB
Ini Sebab DPR Minta Pemerintah Segera Tetapkan Kepala OIKN yang Baru

Suasana rapat DPR. (foto: Antara)

JAKARTA, DDTCNews - Komisi II DPR akan menemui perwakilan pemerintah guna membahas perihal mundurnya Bambang Susantono dari jabatannya sebagai kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia mengatakan DPR akan menanyakan langkah-langkah konkret yang akan diambil pemerintah selepas mundurnya Bambang dari kursi kepemimpinan Otorita IKN tersebut.

"Nanti, di Jakarta akan diadakan agenda pertemuan dengan pihak-pihak yang terkait, terutama Otorita IKN dan mungkin juga Menteri Sekretaris Negara. Kami ingin mendengarkan langsung apa yang sebenarnya terjadi," katanya, dikutip pada Minggu (9/6/2024).

Selama ini, lanjut Doli, Otorita IKN telah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah. Menurutnya, beragam proyek dan program di IKN telah berjalan dengan baik, utamanya dalam hal mempersiapkan upacara pada 17 Agustus tahun ini.

"Terlepas dari apa alasan mundurnya, selama ini apa yang sudah dikerjakan oleh otoritas tersebut sudah sesuai dengan target yang ditentukan oleh pemerintah," ujarnya.

Sementara itum Anggota Komisi II Guspardi Gaus meminta pemerintah untuk segera menetapkan kepala Otorita IKN definitif guna memastikan pembangunan di ibu kota baru tersebut tetap berjalan optimal.

"Kalau cuma pelaksana tugas, yang melakukan tentu optimalisasinya berbeda dengan pejabat yang definitif itu," tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah mengumumkan pengunduran diri Bambang kepada publik pada Senin (3/6/2024). Dengan mundurnya Bambang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai pelaksana tugas kepala Otorita IKN.

"Tadi beliau-beliau dipanggil Bapak Presiden agar dalam status sebagai Plt ini segera untuk menjamin percepatan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya dengan visi semula, yaitu tetap konsisten pada rencana Nusa Rimba Raya," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.