KABUPATEN BIREUEN

Hingga November, Realisasi PBB Baru Seperempat Target

Redaksi DDTCNews | Senin, 21 November 2016 | 10:30 WIB
Hingga November, Realisasi PBB Baru Seperempat Target (Foto: bireuenkab.go.id)

BIREUEN, DDTCNews – Memasuki akhir tahun 2016, realisasi penerimaan dari pajak bumi dan bangunan (PBB) Kabupaten Bireuen masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya data kepemilikan objek pajak yang belum diperbarui.

Kepala Bidang Pendapatan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Bireuen Alfian mengatakan proses pengumpulan PBB masih terkendala kecocokan data di lapangan dengan yang tercatat.

“Sejauh ini masih banyak objek pajak yang terdata atas nama pemilik sebelumnya. Padahal tanah atau bangunan tersebut sudah berpindah tangan kepada pemilik baru,” ungkapnya, Sabtu (20/11).

Baca Juga:
Pemda Bentuk Satgas PBB, Keliling Cek Rumah-Rumah Warga

Berdasarkan catatan DPKKD, hingga memasuki minggu pertama November 2016, realisasi penerimaan PBB baru Rp611 juta atau hanya sekitar 25,33%. Sementara, targetnya tahun ini Rp1,8 miliar lebih.

Seperti dilansir dari goaceh.com, guna menanggulangi persoalan ini, perangkat gampong (desa) dikerahkan untuk turun karena berperan utama dalam pendataan kepemilikan tanah atau bangunan.

"Perangkat gampong juga harus pro aktif dalam mensosialisasikan PBB bagi masyarakat di gampongnya agar lebih patuh,” tutup Alfian. (Gfa)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Minggu, 19 Mei 2024 | 11:30 WIB KOTA TANGERANG

Pemda Bentuk Satgas PBB, Keliling Cek Rumah-Rumah Warga

Minggu, 19 Mei 2024 | 10:00 WIB KABUPATEN LAMONGAN

HUT ke-455, Pemda Adakan Program Pemutihan Pajak hingga Juni 2024

Sabtu, 18 Mei 2024 | 08:00 WIB KOTA BANJARMASIN

Konsumen Resto Hingga Hotel Patuh Pajak, Ada Hadiah Umrah Menunggu

BERITA PILIHAN