TIPS PAJAK

Cara Menginstal Adobe PDF Reader 32 Bit untuk Buka e-Form DJP Online

Vallencia | Senin, 28 Maret 2022 | 15:00 WIB
Cara Menginstal Adobe PDF Reader 32 Bit untuk Buka e-Form DJP Online

MENJELANG akhir bulan Maret, wajib pajak orang pribadi berbondong-bondong untuk melaporkan spt tahunan pajak penghasilan sebelum jatuh tempo. Terdapat berbagai cara untuk menyampaikan SPT Tahunan, salah satunya melalui aplikasi DJP Online.

Pada aplikasi DJP Online, wajib pajak yang menggunakan SPT 1770 dapat menggunakan e-Form untuk melaporkan SPT Tahunan. Namun, e-form hanya dapat digunakan apabila sudah menginstal aplikasi Adobe PDF Reader.

Untuk diingat, wajib pajak harus menginstal Adobe PDF Reader 32 bit untuk menggunakan e-form. Jika tidak, e-form di DJP Online tidak akan bisa digunakan. DDTCNews kali ini akan menjelaskan cara menginstal Adobe PDF Reader 32 bit.

Baca Juga:
Periode Lapor SPT Selesai, KPP Bisa Memulai Penelitian Komprehensif

Perlu diperhatikan, e-form yang telah diunduh hanya dapat dibuka apabila Adobe PDF Reader yang terinstal versi 20 ke atas dan wajib 32 bit. Apabila ternyata sudah memasang program Adobe PDF Reader 64 bit maka Anda harus menghapus program tersebut terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan program Adobe PDF Reader tersebut, wajib pajak bisa mengunduhnya di DJP Online. Mula-mula, silakan login DJP Online dengan memasukkan nomor NPWP, kata sandi, dan kode keamanan.

Pada halaman utama, pilih menu Lapor dan klik e-Form PDF. Setelah itu, pilih Unduh Adobe PDF Reader. Klik logo Adobe Acrobat Reader DC. Nanti, Anda akan langsung diarahkan ke laman resmi pengunduhan Adobe PDF Reader.

Baca Juga:
Apa Itu Wilayah Pengembangan Industri dalam Konteks Perpajakan?

Pada bagian kiri layar, Anda akan diminta untuk memilih sistem operasi perangkat, bahasa, dan versi Adobe PDF Reader yang ingin dipilih. Terkait dengan sistem operasi, pilih sesuai dengan sistem operasi perangkat yang Anda gunakan.

Anda juga dapat memilih bahasa yang ingin digunakan. Sementara itu, pada bagian versi, silakan pilih ‘Reader DC 2022.011.20085 English for Windows’. Selanjutnya, klik kolom biru Download Acrobat Reader.

Setelah itu, sistem komputer akan memproses pengunduhan. Setelah Adobe PDF Reader berhasil terunduh, buka program Adobe PDF Reader tersebut. Nanti, sistem komputer akan melakukan proses instalasi pada perangkat Anda.

Baca Juga:
Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Setelah selesai, Anda dapat mencari dan membuka Task Scheduler di start menu. Lalu, buka Task Schedule Library. Pilih Adobe Acrobat Update, klik kanan, dan pilih Disable.

Setelahnya, klik kanan kembali pada Adobe Acrobat Update dan pilih Delete. Nanti, Anda juga dapat menutup kotak dialog Task Schedule.

Pada start menu silakan cari ‘services.msc’ dan buka hingga muncul kotak dialog Services. Silakan klik kanan pada Adobe Acrobat Update Services dan pilih Properties. Setelahnya, akan tampil kotak dialog Adobe Acrobat Service Properties (Local Computer).

Baca Juga:
Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Pada kotak dialog tersebut, ubah Startup type dari pilihan ‘Automatic’ menjadi ‘Disabled’. Kemudian, tekan tombol Apply dan pilih OK. Dengan demikian, Adobe PDF Reader yang terinstalasi pada perangkat Anda tidak akan melakukan update otomatis ke 64 bit.

Berikutnya, silakan buka e-form Anda dengan menggunakan aplikasi Adobe PDF Reader 32 bit. Selesai. Semoga bermanfaat. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Hordenus 10 Mei 2022 | 21:39 WIB

bisa untuk PPS ini?

28 Maret 2022 | 15:11 WIB

sering keluar sdr aplksnya

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 01 Mei 2024 | 13:00 WIB KELAS PPH PASAL 21 (4)

Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

BERITA PILIHAN
Rabu, 01 Mei 2024 | 15:45 WIB DDTC - SMA 8 YOGYAKARTA

Peringati Hardiknas, SMAN 8 Yogyakarta Gelar Webinar Gratis!

Rabu, 01 Mei 2024 | 13:00 WIB KELAS PPH PASAL 21 (4)

Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:30 WIB PAJAK PENGHASILAN

Begini Cara Hitung Angsuran PPh Pasal 25 BUMN dan BUMD

Rabu, 01 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Kriteria-Perbedaan Barang Kiriman Hasil Perdagangan dan Nonperdagangan

Rabu, 01 Mei 2024 | 09:33 WIB KURS PAJAK 01 MEI 2024 - 07 MEI 2024

Berjalan Sebulan Lebih, Kurs Pajak Berlanjut Melemah terhadap Dolar AS