KEBIJAKAN PEMERINTAH

Bertemu Moody‘s, Sri Mulyani Jamin APBN Terjaga Siapapun Menkeunya

Dian Kurniati | Selasa, 05 Maret 2024 | 09:30 WIB
Bertemu Moody‘s, Sri Mulyani Jamin APBN Terjaga Siapapun Menkeunya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan VP Senior Credit Officer Martin Petch.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pengelolaan APBN akan terus terjaga meski ada pergantian rezim.

Sri Mulyani mengatakan Kementerian Keuangan akan tetap melaksanakan tugas menjaga keuangan negara secara baik. Penegasan tersebut disampaikan Sri Mulyani saat bertemu VP Moody’s Sovereign Risk Group Anushka Shah dan VP Senior Credit Officer Martin Petch.

"Saya pastikan kepada Martin, siapapun menterinya - @kemenkeuri akan terus konsisten dalam kualitas manajemen APBN yang apik!" katanya melalui Instagram @smindrawati, dikutip pada Selasa (5/3/2024).

Baca Juga:
Mengupas Tantangan Pajak Akibat Mobilitas Individu di Era Digital

Perjumpaan menteri keuangan dengan delegasi Moody’s ini menjadi pertemuan awalan sebelum lembaga pemeringkat kredit tersebut merilis rating baru.

Sri Mulyani menjelaskan Moody’s merupakan salah satu lembaga pemeringkat internasional yang memberikan penilaian kelayakan investasi berdasarkan kondisi ekonomi hingga pengelolaan APBN suatu negara.

Moody’s terakhir kali memberikan rating kepada Indonesia Baa2 dengan outlook stabil pada 10 Februari 2022.

Baca Juga:
Begini Penghitungan Angsuran PPh 25 Jika SPT Tahunan Telat Disampaikan

Dia menyebut pertemuan dengan Moody’s membahas kinerja perekonomian 2023, lanskap ekonomi Indonesia 2024, serta kebijakan menyambut 2025. Perbincangan juga menyinggung isu yang sedang terjadi di dunia global seperti digitalisasi, perubahan iklim, dan populasi yang menua.

"Saya harap pertemuan ini menjadi awalan yang baik dalam proses asesmen rating Indonesia," ujar Sri Mulyani.

Selain Moody’s, sejumlah lembaga pemeringkat kredit lainnya juga turut menilai kelayakan investasi di Indonesia. Beberapa di antaranya S&P, Fitch, R&I, dan JCR yang sebelumnya memberikan rating Indonesia pada level investment grade. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN