AMERIKA SERIKAT

Biden Resmi Nominasikan Janet Yellen Sebagai Menteri Keuangan

Nora Galuh Candra Asmarani
Selasa, 01 Desember 2020 | 15.19 WIB
Biden Resmi Nominasikan Janet Yellen Sebagai Menteri Keuangan

Janet Yellen. (foto: AFP)

WASHINGTON, DDTCNews – Presiden terpilih AS Joe Biden resmi mengumumkan mantan Gubernur Bank Sentral AS (The Federal Reserve/Fed) Janet Yellen sebagai calon Menteri Keuangan menggantikan Steven Mnuchin.

Pengumuman Biden ini juga membenarkan prediksi yang muncul selama lebih dari sepekan terakhir. Melalui pengumuman tersebut, Biden juga menyebutkan beberapa nama untuk menempati posisi di tim ekonominya.

“Saat kami mulai bekerja mengendalikan virus, tim ini akan memberikan bantuan ekonomi bagi rakyat AS dan membantu membangun kembali ekonomi AS yang lebih baik dari sebelumnya,” kata Biden dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (1/12/2020)

Tim ekonomi itu, lanjut Biden, terdiri atas pegawai negeri yang dihormati dan teruji. Menurutnya, tim ekonomi pilihannya akan membantu komunitas yang paling terpukul oleh Covid-19 dan mengatasi ketidakadilan struktural dalam ekonomi AS.

Biden menambahkan tim ekonomi yang dipilih akan bekerja tanpa lelah untuk memastikan setiap orang Amerika menikmati upah yang adil atas pekerjaannya dan mendapatkan kesetaraan dalam kesempatan untuk maju.

Selain itu, tim ekonomi ini juga akan berupaya membuat bisnis di Amerika dapat berkembang dan bahkan mengalahkan negara lain. Selain Yellen, Biden juga menunjuk Neera Tanden sebagai direktur anggaran dan Cecilia Rouse sebagai Ketua Dewan Penasihat Ekonomi.

Bila disetujui senat, Yellen nantinya akan menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Menteri Keuangan AS. Yellen selama ini juga dikenal sebagai ekonom inovatif yang sangat dihormati di antara partai Demokrat.

Ekonom berusia 74 tahun tersebut juga sempat menjadi penasihat ekonomi Mantan Presiden Bill Clinton. Tak hanya itu, ia juga merupakan wanita pertama yang menempati posisi pemimpin Bank Sentral AS atau The Fed.

Prestasi Yellen di antaranya membantu mengarahkan pemulihan ekonomi AS pascakrisis keuangan 2007 dan resesi AS. Yellen pernah mempertahankan tingkat suku bunga hampir 0% untuk sebagian besar masa jabatannya.

Tak heran, pencalonan Yellen ini mendapatkan banyak dukungan dari Partai Demokrat. Yellen dinilai sebagai kandidat terkuat untuk menjabat Menteri Keuangan. Meski begitu, tidak sedikit pihak yang berharap Biden memilih Senator Elizabeth Warren.

“Pengalamannya yang dalam dan kepemimpinan yang mantap sangat berharga karena bangsa kita bekerja untuk pulih dari resesi akibat Civid-19,” kata Richard Neal, Ketua House Ways and Means Committee, seperti dilansir thehill.com. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.