ADMINISTRASI PAJAK

Aplikasi e-Faktur Diperbarui Jelang Tarif PPN 11 Persen, Ini Kata DJP

Redaksi DDTCNews | Selasa, 29 Maret 2022 | 10:00 WIB
Aplikasi e-Faktur Diperbarui Jelang Tarif PPN 11 Persen, Ini Kata DJP

Dirjen Pajak Suryo Utomo.

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP) saat ini masih melakukan penyesuaian terhadap pembaruan aplikasi e-Faktur untuk mengakomodir kenaikan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi sebesar 11%.

Dirjen Pajak Suryo Utomo mengatakan kenaikan tarif PPN dari 10% menjadi 11% akan berlaku pada 1 April 2022 sesuai dengan yang diamanatkan dalam UU No. 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

"Saat ini, kami sedang melakukan penyesuaian dan insyaallah dapat diimplementasikan pada saatnya nanti betul-betul bisa digunakan," katanya dalam acara konferensi pers APBN Kita, dikutip pada Selasa (29/3/2022).

Baca Juga:
Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar

Selain perubahan tarif PPN, lanjut Suryo, aplikasi e-faktur juga akan mengatur ketentuan lainnya, yaitu terkait dengan perubahan pemberian fasilitas atas barang kena pajak dan jasa kena pajak, serta PPN final.

"Jadi untuk faktur-faktur pajak dilakukan penyesuaian terhadap beberapa hal yang ada di faktur pajak sistem e-faktur kami sendiri," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Suryo menyampaikan aturan turunan PPN dalam UU HPP saat ini juga sedang dalam tahap harmonisasi dan finalisasi.

Baca Juga:
Ada Cuti Bersama, Layanan Tatap Muka Kantor Pajak Libur Sampai 12 Mei

Dia menegaskan aturan turunan atau pelaksana PPN, baik berupa peraturan pemerintah (PP) maupun peraturan menteri keuangan (PMK), akan menjadi prioritas mengingat waktu implementasi tinggal beberapa hari lagi.

"Aturan program pengungkapan sukarela (PPS) sudah kami dahulukan. Kemudian, pajak penghasilan (PPh), PPN, dan ketentuan umum tata cara perpajakan (KUP) kami akan selesaikan secara berurutan. Kami teruskan finalisasi sampai dengan saat ini," ujar Suryo. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar

BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar