AMERIKA SERIKAT

Anggota Parlemen Chicago Bakal Ajukan Pajak Robot

Redaksi DDTCNews | Selasa, 12 Februari 2019 | 13:30 WIB
Anggota Parlemen Chicago Bakal Ajukan Pajak Robot

Ilustrasi. (foto:IndustryWeek)

JAKARTA, DDTCNews – Anggota Parlemen Chicago berencana menyodorkan rancangan undang-undang (RUU) yang mencakup pemajakan atas robot atau robot tax.

Anggota Parlemen Chicago dari Partai Demokrat Ameya Pawar, melalui ‘cuitan’ di Twitter, mengatakan akan memperkenalkan RUU tersebut sebagai respons adanya automatisasi pekerjaan. Hal ini tidak dipisahkan dari rencana pembukaan markas kedua Amazon.

“Amazon akan menggusur jutaan pekerja. Itu bukan fiksi ilmiah,” katanya, seperti dikutip pada Selasa (12/2/2019).

Baca Juga:
Mengupas Tantangan Pajak Akibat Mobilitas Individu di Era Digital

Sebelum masa jabatannya berakhir, Ameya Pawar akan memperkenalkan dua RUU. Pertama, pengambilan insentif pajak jika pekerjaan yang dijanjikan bersifat otomatis. Kedua, pajak robot untuk persiapan masa depan.

Seperti diketahui, Amazon mempertimbangkan lokasi markas baru di New York setelah ada penolakan dari masyarakat lokal Chicago. Pajak yang akan disodorkan Pawar akan dipungut dari perusahaan seperti Amazon yang mengotomatisasi pekerjaan dan mengurangi pekerja. Dengan demikian, ada ancaman bagi angkatan kerja modern.

Potensi pajak atas robot ini diestimasi sangat besar. Pajak ini berpeluang sama besarnya dengan gaji tahunan yang dibayarkan untuk setiap pekerjaan yang menjadi otomatis. Dana yang terkumpul dari pajak atas robot ini bisa digunakan untuk membangun kembali tenaga kerja.

Pawar berpendapat Amazon menggunakan situasi New York sebagai cara untuk ‘menakuti’ masyarakat agar memberi mereka insentif. Amazon diperkirakan akan mendapat insentif berbasis kinerja dari New York senilai US$1.525 miliar, tergantung pada pemenuhan janji penciptaan lapangan kerja. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar