UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

Resmikan Tax Center di Universitas Bangka Belitung, Ini Harapan Rektor

Nora Galuh Candra Asmarani | Kamis, 13 Februari 2020 | 21:03 WIB
Resmikan Tax Center di Universitas Bangka Belitung, Ini Harapan Rektor

Pemberian cinderamata oleh Rektor UBB Muh Yusuf (kiri) kepada Kepala Kanwil DJP Sumsel-Babel Imam Arifin di Gedung Rektorat, Universitas Bangka Belitung. (Foto: Humas UBB)

PANGKAL PINANG, DDTCNews—Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (FE UBB) Rabu (12/2/2020) mengikuti kuliah umum tentang kesadaran pajak. Dalam acara tersebut juga diresmikan Tax Centre Universitas Bangka Belitung.

Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Muh.Yusuf bersyukur acara kuliah umum ini menghadirkan narasumber yang kompeten, yaitu Kepala Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Provinsi Bangka Belitung (Sumsel-Babel) Imam Arifin.

“Kegiatan ini dan juga peremian Tax Center ini kami harapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan literasi bagi mahasiswa dan masyarakat untuk lebih memahami perpajakan sekaligus meningkatkan kesadaran perpajakan,” katanya di Pangkal Pinang, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga:
DJP Nusa Tenggara Teken Pembentukan Tax Center dengan UIN Mataram

Yusuf menjelaskan pajak itu bersifat wajib serta mengikat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, selain pentingnya kesadaran pajak, manfaat yang diberikan pajak juga luar biasa walaupun tidak berimbas langsung pada individu.

“Pajak itu sifatnya wajib dibayar oleh penduduk Indonesia, karena ada undang-undangnya yaitu UU No. 28 Tahun 2007, di situ disebutkan pada Pasal 1 ayat 1, jadi pajak itu memang sifatnya wajib bagi rakyat Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan penerimaan negara dari sektor pajak selanjutnya akan dipergunakan negara untuk kepentingan umum, seperti membangun infrastruktur, fasilitas umum dan biaya lainnya yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat nantinya.

Baca Juga:
Bangun Masyarakat Sadar Pajak, IAIN Cirebon Lantik Anggota Tax Center

“Dilihat manfaatnya sangat besar sekali, walaupun tidak berimbas pada pribadi, karena ini adalah untuk kepentingan umum, infrastruktur, kepentingan pemerintahan dan kemakmuran masyarakat, maka tentu ini harus diberdayakan dengan sebaik-baiknya,” jelas Muh Yusuf.

Kepala Kanwil Sumatera Selatan dan Provinsi Bangka Belitung Imam Arifin menyampaikan rasa bangganya karena dapat berkunjung dan bersilaturahmi ke Kampus UBB. Selain materi kuliah umum, Imam juga menyosialisasikan program Kementerian Keuangan.

Selain memperkenalkan struktur di Kanwil DJP Sumsel dan Babel, Imam berharap kuliah umum ini dapat memberikan pengetahuan tentang kesadaran pajak khususnya ke mahasiswa Fakultas Ekonomi UBB. “Ini juga silaturahmi kami untuk menyosialisasikan beberapa program,” katanya.

Dalam acara tersebut, Imam juga meresmikan Tax Center UBB sebagai pusat informasi perpajakan dan dilanjutkan dengan pelantikan Relawan Pajak Tahun 2020. Para relawan sebelumnya telah diberikan pelatihan terkait dengan tugas-tugas yang akan dilakukan. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 14 Maret 2024 | 16:07 WIB KANWIL DJP NUSRA

DJP Nusa Tenggara Teken Pembentukan Tax Center dengan UIN Mataram

Senin, 04 Maret 2024 | 12:00 WIB UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Fiskus Edukasi Relawan Pajak soal Update Pengembangan Coretax

Senin, 26 Februari 2024 | 14:00 WIB UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

Tax Center Untirta Adakan Bimbingan Teknis Pelaporan SPT Tahunan

BERITA PILIHAN
Sabtu, 20 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN FISKAL

Jaga Kesinambungan Fiskal 2025, Pemerintah Waspadai Tiga Hal Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 09:00 WIB KABUPATEN SUKABUMI

Ada Hadiah Umrah untuk WP Patuh, Jenis Pajaknya akan Diperluas

Sabtu, 20 April 2024 | 08:47 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

SPT yang Berstatus Rugi Bisa Berujung Pemeriksaan oleh Kantor Pajak

Sabtu, 20 April 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Dorong Pertumbuhan Ekonomi 2025, Insentif Ini Disiapkan untuk Investor

Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online