KOTA BALIKPAPAN

Penerimaan Merosot, Amnesti PBB Diwacanakan

Awwaliatul Mukarromah
Senin, 10 Oktober 2016 | 12.32 WIB
Penerimaan Merosot, Amnesti PBB Diwacanakan

BALIKPAPAN, DDTCNews – Pemerintah Kota Balikpapan kini berencana membuat program khusus amnesti untuk pajak bumi dan bangunan (PBB) menyusul pencapaian penerimaan PBB di tahun ini yang menurun dibanding tahun lalu.

Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud yang menilai kebijakan tersebut dapat menggenjot pemasukan daerah di tengah krisis anggaran 2016.

“Ini program khusus pemkot menggenjot pemasukan daerah,” ujarnya, baru-baru ini.

Rahmad mengatakan pemikiran ini sengaja dibuka untuk mendapat respons masyarakat. Pasalnya, meski sudah menjelang akhir tahun, realisasi pendapatan daerah, khususnya sektor PBB baru mencapai 78% dari target.

Tercatat, realisasi PBB baru memperoleh Rp58,6 miliar dari target Rp75 miliar. Padahal di tahun sebelumnya, lanjut Rahmad, pendapatan daerah dari PBB selalu melebihi target.

"Sebagai perbandingan, tahun lalu target Rp70 miliar, terealisasi Rp79,06 miliar atau tembus 112,95%," katanya

Selama ini, lanjutnya, masih banyak rumah yang belum terdaftar. Setidaknya ada sekitar 40%. "Karena itu, tak jauh dengan tax amnesty, PBB amnesti ini nantinya akan memberi pengampunan kepada rumah yang belum terdaftar," ujar Rahmad sebagaimana dikutip Klikbalikpapan.co.

Sistemnya, masyarakat bisa langsung membayar PBB selama lima tahun dan akan mendapat free pembayaran PBB selama dua tahun. Namun, Rahmad mengatakan saat ini sistem pastinya masih dalam kajian mendalam. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.