INGGRIS

Pemerintah Beri Sinyal Kenaikan Tarif Pajak Capital Gain

Redaksi DDTCNews | Jumat, 15 Januari 2021 | 18:08 WIB
Pemerintah Beri Sinyal Kenaikan Tarif Pajak Capital Gain

Ilustrasi. 

LONDON, DDTCNews – Pemerintah Inggris memberi sinyal adanya kenaikan tarif pajak keuntungan atas modal setelah adanya rekomendasi dari The Office for Tax Simplification.

Mereka sudah mengirimkan rekomendasi kepada menteri keuangan untuk menaikkan tarif capital gain tax (CGT) atas aset modal dan properti di Inggris. Otoritas juga disarankan untuk memperluas jangkauan CGT dan pajak warisan atas aset keuangan yang diwariskan secara turun-temurun.

"Kenaikan tarif CGT sejalan dengan tarif pajak penghasilan (PPh),” tulis keterangan lembaga independen yang bernaung di bawah Kementerian Keuangan Inggris tersebut, dikutip pada Jumat (15/1/2021).

Baca Juga:
Begini Tren Setoran Pajak dari Transaksi Kripto dalam 3 Tahun Terakhir

Direktur Pelaksana Salisbury House Wealth Tim Holmes mengatakan bila CGT dinaikkan, orang akan terdorong untuk segera menjual aset, terutama properti. Pasalnya, kenaikan tarif CGT akan makin membebani keuangan investor atau pemilik properti.

Secara alamiah, sambungnya, tagihan CGT selalu meningkat tiap tahun tanpa mengubah ketentuan terkait dengan tarif. Menurutnya, 10 lalu tagihan CGT hanya sebesar £2,5 miliar. Kini, tagihan pajak sudah tembus £10,1 miliar atau naik lebih dari 4 kali lipat.

"Dapat dimengerti bahwa orang-orang khawatir tentang kenaikan tarif CGT. Namun, jika terburu-buru menjual, hal itu berpotensi makin merugikan pemilik aset atau properti. Ini karena biaya yang akan dikeluarkan bakal lebih besar dari pembayaran pajak," ujar Holmes.

Baca Juga:
Inggris Lanjutkan Pengenaan Windfall Tax Migas Hingga 2029

Menurutnya, masih ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh pemilik aset. Salah satu opsinya adalah melakukan diversifikasi aset yang rendah pajak atau tidak dipungut pajak sama sekali. Pilihan rasional tersebut bisa dengan mengalihkan aset untuk tunjangan dana pensiun yang bebas pungutan CGT.

Seperti dilansir cityam.com, Holmes menyatakan pemilik properti di London merupakan pembayar CGT paling tinggi di Inggris. Pemilik properti di wilayah Kensington dan Chelsea membayar CGT dengan tarif paling tinggi hingga mendekati 30%. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 22 Maret 2024 | 15:45 WIB ASET KRIPTO

Transaksi Kripto Januari-Februari 2024 Naik Dua Kali Lipat

Kamis, 07 Maret 2024 | 10:30 WIB LAPORAN KINERJA DJP 2023

Jumlah Juru Sita Pajak Belum Ideal, Tindakan Penagihan Jadi Terbatas

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Pengangkutan Pupuk

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Batas Waktu Mepet, Kenapa Sih Kita Perlu Lapor Pajak via SPT Tahunan?

Jumat, 29 Maret 2024 | 08:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya