KABUPATEN GRESIK

Pacu Setoran Pajak, 300 Restoran dan Hotel Bakal Dipasang Tapping Box

Muhamad Wildan | Minggu, 13 Agustus 2023 | 14:00 WIB
Pacu Setoran Pajak, 300 Restoran dan Hotel Bakal Dipasang Tapping Box

Ilustrasi.

GRESIK, DDTCNews - Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik berencana memasangkan 300 tapping box baru di lokasi usaha hotel dan restoran guna mempermudah monitoring.

Kepala BPPKAD Kabupaten Gresik Reza Pahlevi mengatakan baru terdapat 84 wajib pajak yang sudah memasang tapping box. Menurutnya, tapping box diperlukan untuk mengurangi risiko kebocoran penerimaan.

"Ini sedang kami upayakan untuk menerapkan tapping box," katanya, dikutip pada Minggu (13/8/2023).

Baca Juga:
Adakan Blokir Serentak, DJP Jatim Sasar 1.182 Rekening Wajib Pajak

Menurut Reza, sesungguhnya terdapat kurang lebih 1.200 restoran dan kafe yang dapat dilakukan pemasangan tapping box.

Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Oleh karena itu, lanjutnya, BPPKAD sedang berkomunikasi dengan Bank Jatim selaku penyedia jasa untuk menambahkan jumlah tapping box. Dia meyakini penambahan tapping box akan meningkatkan kinerja penerimaan pajak restoran.

"Sebab, setiap transaksi langsung terkoneksi, Jadi kami bisa tahu omzet secara nyata," tuturnya seperti dilansir radargresik.jawapos.com.

Baca Juga:
Penyediaan Tenaga Kerja Kena PPN, Pakai Nilai Lain atau Penggantian?

Untuk diketahui, tapping box merupakan alat yang banyak digunakan oleh pemda untuk mengawasi transaksi wajib pajak daerah, utamanya wajib pajak yang berkewajiban membayar pajak yang bersifat self assessment.

Dengan tapping box, potensi praktik underreporting oleh oknum wajib pajak restoran, hotel, hiburan, dan parkir diharapkan dapat diminimalisasi. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN