KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

Jadi Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango Ungkap Tugas Terberatnya

Redaksi DDTCNews | Senin, 27 November 2023 | 15:45 WIB
Jadi Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango Ungkap Tugas Terberatnya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan Pengucapan Sumpah Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango, di Istana Negara, DKI Jakarta, Senin (27/11/2023). (Foto: Oji/Humas Setkab)

JAKARTA, DDTCNews - Nawawi Pomolango resmi menjabat sebagai Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2024. Pelantikan Nawawi sebagai Plt Ketua KPK menyusul ditetapkannya Firli Bahuri sebagai tersangka kasus korupsi oleh Polri.

Pengucapan sumpah Nawawi yang berlangsung di Istana Negara, Senin (27/11/2023), juga disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usai dilantik, Nawawi mengungkapkan bahwa tugas terberatnya setelah ini adalah mengembalikan kepercayaan rakyat kepada KPK yang telanjur tergerus.

"Teman-teman sudah tahu seperti apa situasi yang dihadapi KPK saat ini. Satu hal yang menjadi beban kita adalah tergerusnya kepercayaan masyarakat. Itu, [kepercayaan] yang tergerus itu, yang menjadi pekerjaan berat kami," kata Nawawi usai pengambilan sumpah.

Baca Juga:
Risiko yang Dihadapi WP Badan Jika Lapor SPT Tahunan Mepet Batas Akhir

Pengangkatan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 116/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Sementara Ketua Merangkap Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2024 dan Pengangkatan Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

"Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapapun juga," ujar Nawawi mengucapkan penggalan sumpah jabatannya.

Nawawi juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi memintanya agar berhati-hati dalam menjalankan tugas. Dia tak ingin kasus yang menjerat Firli Bahuri kembali terjadi di KPK.

Baca Juga:
Pergantian Pemerintah, KPK Desak Pejabat Terbuka Soal Kepatuhan Pajak

Pelaksanaan pengucapan sumpah jabatan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi kepada Nawawi dan kemudian diikuti oleh para tamu undangan yang hadir.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Ketua BPK Isma Yatun, Jaksa Agung St. Burhanuddin, Wakil Ketua KY Siti Nurdjanah, Wakil Ketua MA Sunarto, dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 17 April 2024 | 08:27 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Risiko yang Dihadapi WP Badan Jika Lapor SPT Tahunan Mepet Batas Akhir

Selasa, 16 April 2024 | 10:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

Pergantian Pemerintah, KPK Desak Pejabat Terbuka Soal Kepatuhan Pajak

Sabtu, 06 April 2024 | 10:30 WIB LAYANAN KEPABEANAN DAN CUKAI

DJBC Larang Pegawai Terima Parsel Lebaran, Masyarakat Boleh Adukan

Jumat, 05 April 2024 | 18:25 WIB DITJEN BEA DAN CUKAI

Soal Parsel dan Hadiah Lebaran, Ini Imbauan Bea Cukai

BERITA PILIHAN