PEMBANGUNAN NASIONAL

Ini Rencana Bambang Bangun Infrastruktur

Redaksi DDTCNews | Jumat, 21 Oktober 2016 | 16:22 WIB
Ini Rencana Bambang Bangun Infrastruktur

JAKARTA, DDTCNews – Demi fokus pembangunan era pemerintahan Jokowi-JK, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro berencana akan membangun Indonesia secara merata dengan program khususnya.

Menurut Bambang, sudah ada sejumlah proyek pembangunan yang berhasil terealisasi namun masih kurang merata. Agar lebih merata, dia telah membagi sektor-sektor yang akan menjadi fokus dalam program tersebut.

“Kami perlu melihat dari sisi pembangunan masyarakat dan pembangunan manusia terlebih dulu. Selanjutnya, diputuskan untuk membangun sektor mana,” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/10).

Baca Juga:
RKP 2025 Mulai Disusun, Ada 3 Arah Kebijakan Prioritas Pembangunan

Bambang akan memulai program khususnya dari pembangunan infrastruktur sanitasi, air bersih, dan rumah untuk rakyat. Setelah itu baru ke sektor-sektor unggulan di antaranya kemaritiman, kelautan, dan pertanian.

Dimensi pembangunan dalam sektor unggulan ini adalah pembangunan infrastruktur untuk kelautan, kemaritiman, energi, pariwisata, dan transportasi.

Untuk menjamin kedaulatan pangan dalam jangka panjang, dia menyatakan akan mengutamakan sektor kemaritiman dan pertanian. Di sektor kemaritiman, prioritasnya adalah tol laut. Sementara di sektor pertanian, prioritasnya adalah bendungan, cetak sawah, dan irigasi.

Lebih lanjut, pemerataan untuk sektor transportasi pembangunan infrastruktrur akan mengutamakan jalan tol, jalur kereta api, dan bandar udara. Khusus untuk jalur darat, Bambang mengatakan akan menargetkan daerah-daerah perbatasan. (Gfa)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 08 Maret 2024 | 10:14 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

RKP 2025 Mulai Disusun, Ada 3 Arah Kebijakan Prioritas Pembangunan

Jumat, 02 Februari 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Rasio Pajak Indonesia Perlu Dikerek Agar Setara Negara Emerging Market

Rabu, 17 Januari 2024 | 10:30 WIB RPJPN 2025-2045

Pemerintah Minta Pemda Susun RPJPD yang Selaras dengan RPJPN 2025-2045

Senin, 09 Oktober 2023 | 15:30 WIB PEMILU 2024

Keluar dari Middle Income Trap, Indonesia Butuh Dukungan Parpol

BERITA PILIHAN