TAIWAN

Ini Negara Timur Tengah Pertama yang Punya P3B dengan Taiwan

Muhamad Wildan | Minggu, 13 Desember 2020 | 15:01 WIB
Ini Negara Timur Tengah Pertama yang Punya P3B dengan Taiwan

Pemandangan Kota Riyadh, Arab Saudi, menjelang magrib. (Foto: Getty Images/traveler.marriott.com)

TAIPEI, DDTCNews - Arab Saudi menjadi negara Timur Tengah pertama yang mengikat perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B) dengan Taiwan. Kedua negara bersepakat untuk menyetujui P3B pada Desember dan akan mulai berlaku pada 1 Januari 2021.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Taiwan Joanne Ou mengatakan perjanjian ini akan meningkatkan hubungan dagang antara kedua negara serta akan menciptakan perlakuan pajak yang adil bagi pelaku bisnis.

"Seiring dengan usaha Arab Saudi untuk mendiversifikasi ekonomi dan melepaskan diri dari ketergantungan ekspor minyak, Arab Saudi mulai mengadopsi kebijakan yang ramah investasi," ujar Ou dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (11/12/2020).

Baca Juga:
Dukung Negara Tetangga Terapkan Pajak Karbon, ADB Beri Masukan

Melalui P3B, hambatan-hambatan yang selama ini dialami oleh perusahaan privat dan publik dapat diminimalisasi. P3B antara kedua negara juga diharapkan dapat mendorong kerja sama sains, teknologi, dan budaya.

Berdasarkan data per 2019, Arab Saudi tercatat sebagai mitra dagang Taiwan yang terbesar ke-13 dengan nilai perdagangan antara kedua negara mencapai US$8,66 miliar.

Ou mengatakan negosiasi P3B antara kedua negara memakan waktu yang cukup lama dan intens. P3B akhirnya bisa disepakati oleh kedua negara sejalan dengan itikad kedua negara untuk menyepakati P3B.

Baca Juga:
Perangi Diabetes, Cukai Minuman Bergula Perlu Diterapkan di Negara Ini

Selain Arab Saudi yang ingin meningkatkan investasi asing guna mendukung diversifikasi ekonomi, Taiwan juga memiliki kepentingan untuk meningkatkan ekonomi syariah.

Pengembangan ekonomi syariah merupakan salah satu kebijakan jangka panjang yang diusung oleh partai petahana di Taiwan Democratic Progressive Party (DPP) dalam beberapa tahun terakhir. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar