KEBIJAKAN MONETER

Inflasi Sentuh Level Tertinggi Sejak 2017, BI Masih Tahan Suku Bunga

Muhamad Wildan | Jumat, 01 Juli 2022 | 15:00 WIB
Inflasi Sentuh Level Tertinggi Sejak 2017, BI Masih Tahan Suku Bunga

Petugas bank menghitung uang di BNI KC Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (28/6/2022). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.

JAKARTA, DDTCNews - Bank Indonesia (BI) belum berencana untuk meningkatkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) dalam waktu dekat meski inflasi mengalami lonjakan pada bulan lalu.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan inflasi pada Juni 2022 lebih didorong oleh kenaikan harga pangan sedangkan inflasi inti masih terjaga rendah.

"Inflasi inti relatif rendah sehingga itu memberikan suatu ruang fleksibilitas bagi kami untuk tidak buru-buru menaikkan suku bunga," ujar Perry dalam rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga:
Naikkan Tarif Pajak Penjualan, PM ini Yakin Dampak ke Inflasi Minim

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi pada Juni 2022 tercatat mencapai 4,35%. Inflasi tahunan pada Juni 2022 merupakan yang tertinggi sejak Juni 2017.

Inflasi inti tercatat masih terjaga rendah sebesar 2,63%, sedangkan inflasi harga pangan (volatile food) melonjak sebesar 10,07%. Beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga pada Juni 2022 antara lain cabai merah, cabai rawit, bawang merah, hingga telur ayam ras.

Adapun inflasi atas barang-barang yang harganya diatur pemerintah (administered prices) tercatat mencapai 5,33% berkat subsidi BBM yang digelontorkan oleh pemerintah.

Baca Juga:
Biaya Buruh Tani Meningkat, Harga Beras Berpotensi Terdampak

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, Bu Menteri Keuangan, dan dukungan dari Banggar DPR RI untuk kenaikan subsidi sehingga ini mendukung pengendalian inflasi dari harga yang diatur pemerintah," ujar Perry.

Ke depan, koordinasi melalui tim pengendali inflasi pusat (TPIP) dan tim pengendali inflasi daerah (TPID) akan terus diperkuat guna mengendalikan gejolak inflasi. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 26 Maret 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Biaya Buruh Tani Meningkat, Harga Beras Berpotensi Terdampak

Senin, 25 Maret 2024 | 16:37 WIB KINERJA INVESTASI

JCR Pertahankan Peringkat Investasi RI di Level BBB+, Outlook Stabil

Kamis, 21 Maret 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

BI Klaim Eksportir yang Tempatkan DHE SDA di Dalam Negeri Makin Ramai

BERITA PILIHAN