PERDAGANGAN GLOBAL

Industri Lokal Diminta Perkuat Branding

Redaksi DDTCNews | Senin, 10 Oktober 2016 | 06:01 WIB
Industri Lokal Diminta Perkuat Branding

JAKARTA, DDTCNews – Menteri Perindustrian Airlangga Hartato meminta para pelaku industri dalam negeri untuk semakin memperkuat branding produknya guna meningkatkan nilai jualnya di tengah ketatnya persaingan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Airlangga menyatakan siap memfasiitasi kegiatan penelitian dan pengembangan produk melalui balai-balai yang tersedia di lingkungan.

“Jadi pelaku industri harus percaya diri dan kreatif dalam memberikan nama produknya,” ujarnya, Jumat (9/10) seperti dikutip laman Kementerian Perindustrian.

Baca Juga:
Antisipasi Dampak Perang Iran-Israel, APBN Tetap Jadi Bantalan

Menurutnya, kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk buatan negara lain bahkan beberapa di antaranya telah menguasai pasar ekspor.

Dia menambahkan upaya branding yang optimal akan menciptakan ciri khas tersendiri terhadap produk tersebut dibandingkan dengan produk serupa lainnya.

Airlangga berharap branding yang melekat pada produk buatan dalam negeri bisa mencerminkan kebudayaan Indonesia yang pada akhirnya akan membentuk identitas nasional.

Baca Juga:
Sri Mulyani Jamin Wariskan APBN yang Sehat kepada Menkeu Selanjutnya

“Misanya Jepang, mereka membangun industri otomotif di Indonesia untuk basis kebutuhan pasar dunia. Walaupun kandungan produknya mencapai 90% dari industri komponen kita, tetapi orang mengetahui brand mobi Daihatsu dan Toyota dari Jepang,” tambahnya.

Sementara itu, Airlangga mengimbau masyarakat Indonesia untuk menggunakan jasa dan produksi dalam negeri guna memajukan industri dalam negeri. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 16 April 2024 | 14:25 WIB KEBIJAKAN EKONOMI

Antisipasi Dampak Perang Iran-Israel, APBN Tetap Jadi Bantalan

Rabu, 06 Maret 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN EKONOMI

Sri Mulyani Jamin Wariskan APBN yang Sehat kepada Menkeu Selanjutnya

Selasa, 27 Februari 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN EKONOMI

Kebijakan Fiskal di Masa Transisi Harus Pertimbangkan Tantangan Global

Selasa, 20 Februari 2024 | 09:45 WIB PEMILU 2024

Sri Mulyani Beberkan Arahan Jokowi Soal Transisi ke Pemerintahan Baru

BERITA PILIHAN