UNIVERSITAS NEGERI PADANG (UNP)

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Siapkan Lulusan Berkualitas

Redaksi DDTCNews | Rabu, 17 Mei 2023 | 13:05 WIB
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Siapkan Lulusan Berkualitas

Dekan FE UNP Idris (keenam dari kiri baris terdepan), Founder DDTC Darussalam (kelima dari kiri baris terdepan), dan seluruh civita academica FE UNP yang mengikuti seminar nasional Upaya Menggenjot Tax Ratio, Rabu (17/5/2023).

PADANG, DDTCNews - Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) secara resmi meneken kerja sama pendidikan dengan DDTC. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada hari ini, Rabu (17/5/2023).

Kemitraan atau kerja sama yang dilakukan FE UNP menjadi salah satu bagian dari upaya untuk menyiapkan lulusan dengan kompetensi serta kualifikasi sesuai dengan kebutuhan industri. Terlebih, kerja sama juga menyangkut kegiatan riset atau penelitian.

"Kami berusaha untuk menumbuhkan penelitian yang kuat dan keterampilan lulusan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri, khususnya di bidang perpajakan," ujar Dekan FE UNP Idris usai penandatanganan PKS di Auditorium FE UNP, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga:
Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

Kolaborasi pendidikan antara FE UNP dan DDTC ini mendukung metode pembelajaran yang diterapkan dalam perkuliahan, yakni gabungan antara praktik dan teori atau konsep. Terlebih, sambung Idris, kurikulum perkuliahan dirancang berdasarkan pada masukan para stakeholders yang dievaluasi secara periodik.

Saat ini Universitas Negeri Padang melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sesuai dengan Permendikbud 3/2020, bentuk pembelajaran adalah kuliah, responsi dan tutorial, seminar dan praktikum, serta praktik lapangan.

Secara spesifik, KKNI juga mendorong integrasi antara pendidikan dan pelatihan kerja guna mewujudkan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Baca Juga:
Perpajakan DDTC Tawarkan Literatur Pajak Berbahasa Inggris ​

Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk DDTC, FE Universitas Negeri Padang juga mendorong adanya program seminar dan pelatihan. Selain itu, kerja sama juga dilakukan dalam lingkup penelitian atau riset serta program pemagangan (internship program).

Selama ini, penelitian dilakukan para dosen bersama mahasiswa dan alumni dengan menekankan pada output berupa publikasi. Dengan adanya kerja sama dengan DDTC, output yang dihasilkan dari kegiatan penelitian terkait dengan perpajakan juga makin berkualitas.

Sebagai informasi, lahirnya Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) merupakan pengembangan dari Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial UNP pada 2005 lalu. UNP sendiri merupakan transformasi dari IKIP Padang yang sudah berdiri sejak 1954 silam.

Baca Juga:
Sambut Hari Kartini, DDTC Hadirkan Diskon untuk Perempuan Indonesia

Kini, FE UNP membuka program diploma untuk program studi akuntansi dan manajemen perdagangan. Kemudian, program sarjana untuk program studi pendidikan ekonomi, manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan. Selain itu, FE UNP juga menawarkan jenjang pendidikan magister dan doktor.

Berjalannya pengajaran di FE UNP juga didukung beragam fasilitas termasuk Tax Center, Labor Komputer, Labor ADP, Labor Manajemen dan Pojok BEI, UMKM Center, Unit Penjaminan Mutu Internal, Pusat Pendidikan Guru (PPG), Pusat Pendidikan Akuntansi (PPA), dan Labor Simulasi Bisnis.

FE UNP juga berupaya menghasilkan para lulusan yang mempunyai daya saing tinggi dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Caranya, dengan melakukan link and match kurikulum FE UNP berbasis kompetensi orientasi KKNI dengan kebutuhan Masyarakat Ekonomi Asean. Guna mewujudkan hal itu, tenaga pengajar FE UNP telah melakukan kunjungan industri ke berbagai perusahaan multinasional dan nasional untuk melihat secara langsung kebutuhan dunia industri terhadap para lulusan FE UNP di era MEA. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 26 April 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

Selasa, 23 April 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Perpajakan DDTC Tawarkan Literatur Pajak Berbahasa Inggris ​

Jumat, 19 April 2024 | 07:30 WIB LITERATUR PAJAK

Sambut Hari Kartini, DDTC Hadirkan Diskon untuk Perempuan Indonesia

Kamis, 04 April 2024 | 11:10 WIB PEMILU 2024

Catat, Ini Tahapan dan Jadwal Pilkada Serentak 2024

BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara