OPERASI GABUNGAN

Duet Sri-Susi Gagalkan Penyelundupan Lobster

Redaksi DDTCNews
Kamis, 27 Oktober 2016 | 10.45 WIB
Duet Sri-Susi Gagalkan Penyelundupan Lobster
(Foto: DJBC)

JAKARTA, DDTCNews – Tim gabungan dari Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kepolisian RI berhasil berhasil menggagalkan penyelundupan  lebih dari 404 ribu ekor benih lobster ke Singapura dan Vietnam.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengapresiasi kerja sama lintas sektoral tersebut karena selama ini telah berupaya mengamankan penerimaan negara.

“Potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari penyelundupan di laut sepanjang tahun ini hampir mencapai Rp800 miliar,” ujarnya, Rabu (26/10).

Dia menambahkan penindakan sindikat sektor perikanan ini telah dilakukan di beberapa wilayah seperti Batam, Bandara Soekarno Hatta, Batam, Mataram, Bandara Ngurah Rai, Bandara Djuanda, Bandung dan Tanjung Emas.

Menurutnya aksi penyelundupan ini akan merugikan nelayan karena telah mengurangi kesempatan nelayan untuk mengembangkan budidaya lobster.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk menata dan menjaga sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

Dia juga menyatakan DJBC akan terus berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan jajaran Polri dan penegak hukum lainnya.

Sementara itu seperti dikutip laman DJBC, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan operasi gabungan ini merupakan sinergi positif untuk melindungi kekayaan laut Indonesia. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.