SELEKSI HAKIM AGUNG

Selasa Besok, KY Gelar Seleksi Wawancara Calon Hakim Agung Pajak

Muhamad Wildan
Minggu, 07 Juli 2024 | 15.00 WIB
Selasa Besok, KY Gelar Seleksi Wawancara Calon Hakim Agung Pajak

JAKARTA, DDTCNews - Komisi Yudisial merilis jadwal wawancara terbuka calon hakim agung (CHA), termasuk jadwal wawancara CHA tata usaha negara (TUN) khusus pajak.

Rencananya, keempat CHA TUN khusus pajak yang lolos seleksi kesehatan dan kepribadian akan menempuh seleksi wawancara pada Selasa (7/7/2024).

"Para calon akan menjalani wawancara terbuka pada Senin hingga Kamis, 8 hingga 11 Juli 2024 di Auditorium Lantai 4 Gedung KY, Jalan Kramat Raya No. 57, Jakarta Pusat," tulis Komisi Yudisial (KY) dalam pengumumannya, Minggu (7/7/2024).

Jadwal wawancara terbuka selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Seperti seleksi wawancara terbuka yang telah diadakan sebelumnya, masyarakat dapat mengajukan pertanyaan kepada para CHA baik secara langsung di Gedung KY ataupun melalui live chat yang tersedia di YouTube.

Bila dinyatakan lolos dari seleksi wawancara KY, CHA harus mengikuti fit and proper test di hadapan para anggota Komisi III DPR. CHA yang lolos fit and proper test akan mendapatkan persetujuan untuk menjadi hakim agung melalui rapat paripurna di DPR.

Sebagai informasi, seleksi CHA digelar untuk memenuhi kebutuhan hakim agung di Mahkamah Agung (MA).

Dalam seleksi kali ini, MA membutuhkan 2 hakim agung kamar perdata, 3 hakim agung kamar pidana, 1 hakim agung kamar agama, 1 hakim agung kamar TUN, 3 hakim agung kamar TUN khusus pajak.

Saat ini, MA hanya memiliki 1 hakim agung kamar TUN khusus pajak, yakni Cerah Bangun. Sebelum menjadi hakim, Cerah adalah direktur di lingkungan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC). (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.